komnasham.go.id

 

MASIH BELUM TUNTAS

In Rekam Media |
9:23 AM - 25 April 2013 swip Kategori Sebelumnya: Substansi

MASIH BELUM TUNTAS

 

Belum ada dokumen resmi yang menjelaskan berapa angka pasti yang menjadi korban kejahatan kemanusiaan 1965. Ada yang bilang ratusan ribu, ada juga yang mengatakan jutaan orang dibunuh hanya karena dianggap sebagai anggota atau simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

 

Bagi korban yang selamat dan bisa bertahan hidup hingga sekarang, tetap saja merasakan diskriminasi. Hak mereka sebagai warga negara masih terampas hingga sekarang. Tidak adanya pengakuan dari negara, yang membuat para korban masih tetap gigih memperjuangkan haknya. Meraka masih berani menyuarakan ketidak adilan yang mereka terima dari negara.

 

Kini, sudah memasuki masa reformasi. Masa ketika demokratisasi mulai diharga. Masa ketika hukum ditegakkan. Siapa yang salah harus dihukum, tanpa memandang latarbelakangnya. Namun, setelah 47 tahun peristiwa kejahatan kemanusiaan itu terjadi, belum ada pengadilan yang dibentuk untuk mengusut tuntas. Belum ada pelaku yang dihukum. Namun, kuburan massal ditemukan dimana-mana. Korban terus ditemukan dari Aceh sampai Papua. Karena, pengusutan kejahatan kemanusiaan 1965 memang belum tuntas. PakWi, Pak Bejo, dan masih banyak korban yang masih hidup hingga saat ini masih nunggu ketegasan dari negara.

 

 

Sumber

:

http://www.isdphotos.com/poros/index/J_Nasai.html#9

Penulis

:

M Nasai

Publish

:

-

 

 

 
Enjoyed this article? Share it