Laporan Data Pengaduan

Survei Tingkat Kepuasan Pelayanan Pengaduan Tahun 2016

  • Periode laporan: Tahunan
  • Status laporan: Final
  • Laporan bulan: Desember
  • Laporan bulan: 2016
Komnas HAM mempunyai tugas dan kewenangan yang utama adalah pelayanan publik. Dalam hal ini pelayanan publik yang menjadi core business dalam bidang Penegakan HAM adalah pelayanan pengaduan masyarakat. Pelaksanaan pelayanan pengaduan ini yang apabila disesuaikan dengan Reformasi Birokrasi maka harus diselenggarakan secara profesional, prima, efisien, dan efektif, artinya harus tepat sasaran.

Oleh karena itu, saran dan kritik dari stakeholders sangat diperlukan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pengaduan. Berdasarkan hal tersebut, maka Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan memandang perlu mengakomodir pendapat, pandangan, dan masukan yang berasal dari masyarakat sebagai stakeholders Komnas HAM yang paling utama.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan menyelenggarakan Survei Kepuasan Pelayanan Pengaduan dengan menggunakan metode kuisioner. Target groupdalam survei ini adalah Pengadu yang datang langsung ke kantor Komnas HAM untuk berkonsultasi maupun mengadukan terjadinya peristiwa dugaan pelanggaran HAM.