Laporan Data Pengaduan

Survei Tingkat Kepuasan Pelayanan Pengaduan Bulan April s.d Juni 2017

  • Periode laporan: Triwulan
  • Status laporan: Final
  • Laporan bulan: Juni
  • Laporan bulan: 2017

Publik memandang dan/atau mengetahuitentang Komnas HAM lebihpada tugas dan kewenangannyadalam melaksanakan pelayanan publikterutama dalam penanganan kasus. Olehkarena itu pelayanan publik yang menjadi core business dalam bidang Penegakan HAM bagi Komnas HAM, dalam hal inipelayanan publik yang dimaksud adalah pelayanan pengaduan masyarakat. Pelaksanaanpelayanan pengaduan ini yang apabila disesuaikan dengan Reformasi Birokrasimaka harus diselenggarakan secara profesional, prima, efisien, dan efektif,artinya harus tepat sasaran.

 

Oleh karena itu,saran dan kritik dari stakeholderssangat diperlukan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pengaduan.Berdasarkan hal tersebut, maka Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan memandangperlu mengakomodir pendapat, pandangan, dan masukan yang berasal darimasyarakat sebagai stakeholders KomnasHAM yang paling utama.  

 

Dalam upayamewujudkan hal tersebut, maka Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan menyelenggarakanSurvei Kepuasan Pelayanan Pengaduan dengan menggunakan metode kuisioner. Target groupdalam survei ini adalahPengadu yang datang langsung ke kantor Komnas HAM untuk berkonsultasi maupunmengadukan terjadinya peristiwa dugaan pelanggaran HAM.