Indonesian   English
Kantor Perwakilan

SMP Al Athiyah Belajar tentang HAM

Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh  menerima kunjungan 30 orang siswa SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar, pada Rabu (20/3).

Para siswa itu didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Yundari Azmi S.Pd dan guru bidang studinya. Mereka berkunjung sebagai bagian dari program belajar mengajar di luar ruang  kelas (outing class) untuk mata pelajaran PPKN.
Salah satu subtema yang hendak didalami oleh guru dan para siswa tersebut adalah tentang HAM.

Kedatangan para guru dan siswa SMP Plus Al-Athiyah diterima langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh, Sepriady Utama didampingi Kasubbag Umum, Cut Ernawati serta beberapa staf. 

Dalam pembukaan acara, Kepala Kantor Perwakilan Komnas Aceh menyampaikan ucapan selamat datang dan turut berbangga kepada para guru dan siswa yang datang jauh dari Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar Provinsi Aceh. Selain itu Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh juga menyambut baik kegiatan outing class yang diadakan oleh SMP Plus Al-Athiyah dengan mengunjungi Perwakilan Komnas HAM Aceh, kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan Komnas HAM untuk meningkatkan fungsinya dibidang pendidikan dan penyuluhan HAM termasuk sosialisasi HAM untuk dunia pendidikan yang sering disebut dengan "sekolah ramah HAM."

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh menyampaikan langsung paparan materi kepada para siswa yang mengikuti kegiatan outing class yang diadakan di ruang rapat utama Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh di Banda Aceh. 

Materi yang disampaikan antara lain mengenai definisi dan sejarah HAM, instrumen HAM nasional dan Internasional, pendidikan sebagai bagian dari HAM di bidang Ekosob, dan pengenalan Komnas HAM serta tugas dan fungsinya. Serta, sosialisasi mengenai sikap dan budaya hak asasi manusia yang harus diterapkan dalam sistem pendidikan dimana setiap individu wajib menghormati HAM masing-masing, toleransi dan harus anti terhadap praktek bullying di lingkungan sekolah.

Selain pemaparan materi, juga disampaikan ringkasan tentang HAM melalui pemutaran video yang dapat ditonton langsung oleh para siswa yang hadir. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, para siswa Kelas II SMP Plus Al-Athiyah tersebut sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, diskusi berjalan sangat interaktif antara siswa dengan narasumber. 

Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Wakil Kepala SMP Plus Al-Athiyah kepada Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh serta dilanjutkan dengan foto bersama. (Cut)