Kantor Perwakilan

Komnas HAM Perwakilan Kalbar Raih Penghargaan Badan Publik Informatif

Pontianak - Komnas HAM Perwakilan Kalimantan Barat mendapat penghargaan sebagai Badan Publik Informatif Kategori Lembaga Non Struktural dalam ajang “Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Kalimantan Barat Tahun 2019” di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (5/12/2019)

Kepala Perwakilan Komnas HAM Kalimantan Barat Nelly Yusnita langsung menerima penghargaan tersebut. Raihan ini merupakan pencapaian kedua Komnas HAM Kalimantan Barat setelah tahun lalu meraih peringkat pertama untuk kategori yang sama.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sebagai tugas dan kewajiban yang telah dilaksanakan Komnas HAM Kalimantan Barat sebagai badan publik. Dengan adanya penghargaan ini semoga masyarakat terutama yang ada di daerah-daerah di Kalimantan Barat dapat dengan mudah mengakses segala informasi yang dibutuhkan ke Komnas HAM khususnya terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Komnas HAM,” tutur Nelly.


Ia berharap, raihan peringkat pertama tersebut berhasil dipertahankan dengan komitmen dari staf Komnas HAM Perwakilan Kalbar melalui penyajian informasi yang transparan kepada masyarakat. 

Gubernur Kalbar Sutarmidji dalam sambutannya menerangkan tujuan dari pemberian penghargaan ini sebagai monitoring dan evaluasi (Monev) badan publik. Indikatornya untuk melihat komitmen, koordinasi, dan inovasi badan publik dalam melaksanakan keterbukaan informasi sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Pada pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat dengan tiga indikator penilaian, terdiri dari komitmen Badan Publik dalam mewujudkan layanan publik yang berkualitas, koordinasi Badan Publik dalam Pelayanan dan Pengelolaan Informasi Publik, dan inovasi Badan Publik dalam Pelayanan Informasi Publik.

Sutarmidji mengapresiasi Komnas HAM Kalbar yang mempertahankan prestasi ini seperti tahun sebelumnya.

Selain Komnas HAM, badan publik yang menerima penghargaan, yaitu Ombudsman RI Perwakilan Kalbar, KPPAD Provinsi Kalbar, KPU Provinsi Kalbar, Komisi Yudisial, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Kalbar, dan lainnya. (AN/IW)