Kantor Perwakilan

Komnas HAM Perwakilan Aceh Bersama Kanwil KemenkumHAM Aceh Lakukan Monitoring Lanjutan di Lapas dan Bapas

Komnas HAM Perwakilan Aceh dan Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh melakukan monitoring lanjutan bersama ketiga Lapas dan Bapas di Aceh pada 14 s.d. 17 Maret 2023.

 

Sebelumnya, monitoring bersama telah dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada 28 Maret s.d 1 April 2022 di tiga Rutan/Lapas yaitu Rutan Kelas IIB Takengon, Rutan Kelas IIB Bener Meriah, dan Lapas Kelas IIB Bireuen. Pada 21 s.d. 24 September 2022 di lima Rutan/Lapas yaitu Lapas Perempuan Kelas II Sigli, Rutan Kelas IIB Sigli, Lapas Kelas IIB Kota Bakti, Lapas Kelas IIB Lhoksukon dan Lapas Kelas IIA Lhokseumawe.

 

Kegiatan monitoring dimulai pada Selasa 14 Maret 2023, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama bersama Analis Pelanggaran HAM, Sri Mauliani dan Pemantau Aktivitas HAM, Eka Azmiyadi, serta didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan dan Keamanan sekaligus sebagai Plh. Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Jefri Purnama, Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi Pemasyarakatan Nawawi disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Calang, Rusli beserta jajarannya.

 

Sebelum monitoring dilakukan, Kabid Pelayanan Tahanan dan Keamanan sekaligus sebagai Plh. Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Jefri Purnama memberikan penjelasan mengenai proses kegiatan yang kemudian dilanjutkan briefing oleh Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh mengenai maksud dan tujuan Komnas HAM Perwakilan Aceh dan Kanwil Kemenkumham Aceh melakukan kegiatan monitoring bersama tersebut.  

 

Pada Rabu, 15 Maret 2023, kunjungan dilanjutkan ke Lapas Kelas IIB Meulaboh dan Kabupaten Aceh Barat dan Balai Pemasyaraktan (Bapas) Kelas II Nagan Raya. Tim mendapat penjelasan dari Kepala Lapas Kelas IIB Meulaboh, Indra Gunawan beserta jajaran. Sementara di Bapas Kelas II Nagan Raya, Tim mendapatkan berbagai penjelasan dan informasi dari Plh Kepala Bapas, Ediansyah Putra beserta jajarannya.

 

Rangkaian monitoring bersama berakhir di Lapas Kelas IIB Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya pada 16 Maret 2023 yang pada pertemuannya diterima langsung oleh Kalapas Blang Pidie, Akhmad Widodo beserta jajarannya.

 

Latar belakang dari kegiatan tersebut adalah melihat bagaimana kondisi para tahanan dan warga binaan yang berada di Lapas di Aceh yang umumnya tidak ideal atau minimnya fasilitas serta aksesibilitas di tempat-tempat penahanan yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM. 

 

Dalam kunjungan ketiga Lapas  dan Bapas tersebut, Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama dan Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi Pemasyarakatan, Nawawi bersama tim meninjau langsung layanan pemasyarakatan, mulai dari layanan kesehatan (registrasi suplai obat-obatan dan perlengkapan kesehatan), layanan makanan (registrasi suplai barang makanan), registrasi (offline dan online) sebagai pusat informasi yang meliputi registrasi profil/atau kategori tahanan/Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), keluar masuk dll.

 

Tim juga turut meninjau area bangunan/fasilitas di Lapas yang digunakan WBP dan menyempatkan untuk berinteraksi langsung dengan WBP di dalam blok hunian guna melihat dan mendengar secara langsung keadaan WBP serta berbagai kegiatan yang ada di Lapas, kondisi bangunan seperti kamar, blok hunian, klinik, dapur, Bimbingan Kemasyarakatan (Bimker), fasilitas olahraga WBP, Fasilitas Keagamaan, air bersih, makanan dan perpustakaan. (SM/Yu)