Laporan

Laporan Kinerja (LKIP) Biro Dukungan Penegakan HAM tahun 2016

  • Penulis: Biro Dukungan Penegakan HAM
  • Penerbit: KOMNAS HAM
  • Tahun Terbit: 2017

Puji Syukur kitapanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat danhidayahnya sehingga Biro Dukungan Penegakan HAM dapat melaksanakan fungsi, tugas,dan wewenang tahun 2016 beserta penyusunan Laporan Kinerja Instansi Lembaga(LAKIP) Tahun 2016 dengan baik.

Biro Dukungan PenegakanHAM memiliki wewenang untuk melakukan fungsi pemantauan dan penyelidikan sertafungsi mediasi untuk kasus dugaan pelanggaran HAM dan pelanggaran HAM berat.Secara operasional, fungsi dan tugas Biro Dukungan Penegakan HAM semakinmeningkat dan kompleks sebagai pelaksana undang-undang no 39 tahun 1999 ,undang-undang no. 26 Tahun 2000 tentang fungsi Penanganan Pelanggaran HAM Beratdan undang-undang nomor 40 Tahun 2008 tentang fungsi pengawasan diskriminasi rasdan etnis.

Dalam rangkamempercepat pemenuhan hak masyarakat atas penegakan dan perlindungan Hak AsasiManusia, maka Biro Dukungan Penegakan HAM melakuakan beberapa program utama :Percepatan, pemajuan dan penegakan penyelesaian kasus pelanggaran HAM Beratmasa lalu dan masyarakat marjinal dan rentan, penguatan seluruh unsur yang adadi dalam Biro Dukungan Penegakan HAM, Peningkatan profesionalisme SDM,Kecakapan kerja, penguatan aspek hukum dan HAM, pengembangan jejaring kerjasamadi tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Dalam Laporan Kinerjaini, Biro Dukungan Penegakan HAM Komnas HAM menyajikan pertanggungjawaban atasPerjanjian Kinerja 2016, sekaligus menjelaskan hasil reviu atas PerjanjianKinerja 2016 yang berisi indikator kinerja yang bersifat outcome dan hamper seluruhnyatelah dilakukan Biro Dukungan Penegakan HAM Komnas HAM pada 2016 serta padatahun-tahun sebelumnya. Laporan Kinerja ini merupakan pertanggungjawaban Biro PenegakanDukungan HAM kepada publik sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 97 Undang-UndangNomor 39 Tahun 1999.

Akhir kata, semogaLaporan Kinerja 2016 ini termasuk dalam kategori penilaian yang baik,

baik secara kualitasmaupun kinerjanya.

 

Jakarta, 25 April 2017

 Biro Dukungan PenegakanHAM