Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Mandat

Penelitian "Reforma Agraria" di Enam Kantor Perwakilan Komnas HAM

Komnas HAM melalui Sub Komisi Pengkajian dan Penelitian akan mengadakan kegiatan penelitian yang melibatkan 6 (enam) Kantor Perwakilan Komnas HAM di Daerah di Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

Pada 2015, kegiatan ini juga dilakukan dengan mengambil tema “Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.”  Pada tahun ini, tema yang dipilih adalah “Reforma Agraria.” Masing-masing kantor perwakilan menunjuk salah seorang stafnya untuk melakukan kegiatan penelitian di daerah dengan tema itu.


Kegiatan ini diawali dengan pembekalan materi penelitian kepada para peneliti di daerah, yang dilaksanakan selama dua hari di Kantor Komnas HAM Jakarta, 12 – 13 April 2017. Materi yang diberikan adalah metodologi penelitian, konsep reforma agraria, dan penyusunan desain penelitian.

Dalam menjalankan penelitian, masing-masing staf Kantor Perwakilan yang ditunjuk, mendapatkan pendampingan langsung dari peneliti di Jakarta. Pengaturannya, Eka (Perwakilan Aceh) akan didampingi oleh Fauziah Rasad, Sandy (Sumatera Barat) akan didampingi oleh Asep Mulyana, Nelly (Kalimantan Barat) akan didampingi oleh Elfansuri, Mety (Sulawesi Tengah) akan didampingi oleh Siti Aisah, Yuli (Maluku) akan didampingi oleh Mochamad Felani, dan Melcior (Papua) akan didampingi oleh Nurrahman Aji.

Kegiatan penelitian yang melibatkan kantor perwakilan ini diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan, paling tidak dilakukan 2 (dua) tahun sekali. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan fungsi pengkajian dan penelitian di Kantor Perwakilan Komnas HAM di daerah. (FLN)