Indonesian   English
Mandat

Keterampilan Menulis Penting dalam Mediasi

Guna meningkatkan kompetensi teknis di bidang penulisan laporan khususnya bagi staf di bagian dukungan mediasi, maka diadakan kegiatan pelatihan teknik penggunaan Bahasa Indonesia yg benar dalam penulisan Dokumen HAM menurut hukum dan perundang-undangan di Hotel Yello, Manggarai pada tanggal 29 Maret 2018. Pelatihan ini dipandu oleh Bpk. Suhariyono dari kalangan Akademisi Universitas Brawijaya pada sesi awal, dan Ibu Ovi Soviyati Rivay dari Pusat Bahasa – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam peraturan teknis penanganan kasus/sengketa oleh Bagian Dukungan Mediasi, ditetapkan bahwa tindaklanjut atas kasus-kasus yang diterima dibagi kedalam tiga tahap, yaitu Pra-mediasi, Mediasi dan Pasca Mediasi. Keseluruhan tahap tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dapat dilakukan secara terpisah dan berurutan ataupun secara berkesinambungan, bergantung pada karakteristik kasus yang dihadapi dan penilaian Tim Mediasi kasus tersebut. Setiap tahap merupakan kegiatan yang menuntut aktifitas perencanaan dalam tahap awal dan penyusunan laporan sebagai output kegiatan dimaksud.

Menurut narasumber, terdapat berbagai metode dan cara dalam menulis laporan yang efektif untuk manajerial karena laporan yang baik akan mencerminkan kinerja yang bersangkutan dan tentunya juga akan berpengaruh pada pengembangan karirnya di masa datang. (Iwan)

Short link