Kabar Latuharary

35 Pejabat Struktural Komnas HAM Dilantik

Latuharhary - 35 pejabat stuktural di lingkungan Komnas HAM dilantik dalam rangka mengisi jabatan-jabatan yang kosong dan menyesuaikan dengan nomenklatur jabatan baru. Para pejabat yang dilantik terdiri dari 3 orang pejabat stuktural eselon II,  11 orang pejabat stuktural eselon III dan 21 orang pejabat stuktural eselon IV.  

Ketua Komnas HAM, Nur Kholis,  pada kata sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan para pejabat struktural ini ditujukan untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong. “Penempatan dapat memperkuat kinerja organisasi karena roda dan integritas organisasi dapat berjalan dengan baik. Saya berharap para pejabat baru ini dapat bertugas dengan integritas dan komitmen yang tinggi,” katanya pada seremonial pelantikan di ruang pleno utama Komnas HAM Jakarta pada penghujung tahun 2015, Kamis (31/12/2015).

Nur Kholis berharap kebijakan pengangkatan ini akan segera berimplikasi pada membaiknya pelayanan kepada publik sehingga memberi daya dukung optimal terhadap upaya-upaya pemajuan dan penegakan HAM. “Tidak ada jabatan yang lebih penting dari yang lain, karena ibarat kendaraan, seluruh bagian saling berkaitan, mempunyai fungsi masing-masing dan saling memberikan dukungan terhadap performa kendaraan. Semoga Bapak dan Ibu sekalian dapat bekerjasama dengan baik,” tukasnya.

Sekretaris Jenderal Komnas HAM, Untung Tri Basuki, yang mengambil peran sebagai pihak yang melantik segenap pejabat stuktural baru ini menyampaikan pada kata sambutannya bahwa proses-proses penilaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah dirumuskan menjadi  lebih objektif. “Kita lebih menekankan pada aspek prestasi. Oleh karena itu, ke depannya jurnal atau buku harian akan kita terapkan sehingga catatan prestasi dan kinerja PNS dapat terekam dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Untung menambahkan bahwa jabatan yang diemban para pejabat stuktural ini adalah amanah. “Selamat menjalankan amanah dan tugas-tugas negara. Tetap independen dan kompeten dalam membangun kerjasama tim dalam rangka melayani masyarakat,” tuturnya.

Pada pelantikan pejabat stuktural eselon II kemarin dalam rangka mengisi posisi Kepala Biro Umum, Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM dan Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM. Sementara pelantikan pejabat stuktural eselon III adalah dalam rangka mengisi posisi Kepala Bagian Kerjasama, Persidangan dan Tata Usaha Pimpinan; Kepala Bagian Kepegawaian, Hukum dan Organisasi; Kepala Bagian Perencanaan dan Pengawasan Internal; Kepala Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga; Kepala Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan; Kepala Bagian Dukungan Pemantauan dan Penyelidikan; Kepala Bagian Dukungan Pengkajian dan Penelitian; Kepala Bagian Dukungan Mediasi; Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan; Kepala Bagian Keuangan; dan Kepala Sekretariat Komnas HAM di Provinsi Sumatera Barat.

Sejumlah posisi yang akan diisi oleh pejabat stuktural eselon IV yang telah dilantik yaitu Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan; Kepala Sub Bagian Pengawasan Internal; Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan, Humas dan Protokol; Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Inventaris; Kepala Sub Bagian Pengkajian dan Penelitian Hak-hak Ekonomi, sosial dan budaya; Kepala Sub Bagian Kepegawaian; Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Anggaran; Kepala Sub Bagian Hukum; Kepala Sub Bagian Penerimaan dan Pemilahan Pengaduan; Kepala Sub Bagian Rencana Pemantauan dan Penyelidikan; Kepala Sub Bagian Laporan Pemantauan dan Penyelidikan; Kepala Sub Bagian Laporan Mediasi; Kepala Sub Bagian Publikasi dan Pelaporan Penyuluhan; Kepala Sub Bagian Teknologi Informasi Penyuluhan; Kepala Sub Bagian Arsip Pengaduan; Kepala Sub Bagian Administrasi Keuangan; Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan; Kepala Sub Bagian Tata Usaha Persuratan; Kepala Sub Bagian Organisasi dan Tata Laksana; Kepala Sub Bagian Perbendaharaan; dan Kepala Sub Bagian Rencana Mediasi. (Eva Nila Sari) 
Short link