Kabar Latuharary

Peserta Pelatihan PDHJ Kunjungi Komnas HAM

Peserta pelatihan investigasi dari  Provedoria dos Direitos Humanos e Justi├ža (PDHJ) melakukan kunjungan ke kantor Komnas HAM, Jakarta (23/09). Kunjungan ini merupakan agenda terakhir dari pelatihan teknik investigasi yang diselenggarakan sejak Senin lalu.
 
Koordinator Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan Siane Indriani menerima kunjungan 12 peserta pelatihan tersebut. Dalam paparannya, Siane berharap agar pelatihan yang sudah dilaksanakan memberi manfaat optimal bagi PDHJ.
 
"Hal terpenting, kita tetap mengutamakan independensi," ujar Siane ketika memberikan pesan dan kesan.
 
Menurut Siane, dalam melakukan investigasi ada beberapa hal yang harus dapat perhatian. Salah satunya terkait penanganan pengaduan pelanggaran HAM.
 
"Kita harus tahu persis yang terjadi. Tiap pengaduan tidak selalu benar, harus dikonfirmasi kembali," papar Siane.
 
Terkait pelatihan yang telah diselenggarakan, para peserta merasa mendapatkan hal baru terkait teknik investigasi. "Banyak sekali yang kita dapatkan dari narasumber selama pelatihan," ujar salah satu peserta pelatihan dari PDHJ.
 
Pelatihan teknik investigasi ini merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara Komnas HAM dengan PDHJ. Pelatihan teknik investigasi ini dilaksanakan pada 19-23 September 2016 di Jakarta. (Arif S)
Short link