Kabar Latuharary

Pelatihan Penulisan Website Komnas HAM

Untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dasar bagi staf Komnas HAM dalam menulis di media website, diadakan training singkat pada 30 November 2016.

Sebagai instruktur pelatihan adalah Heru Marginato, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Redaktur Pelaksana Kompas.com.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh belasan staf Komnas HAM tersebut, disampaikan tentang trend penggunaan internet dan perubahan media yang dipakai untuk mangakses internet, dari desktop ke smartphone.

Dengan mengetahui trend ini, maka Komnas HAM harus bisa menyesuaikan konten dan desain web yang ramah secara visual dan aksesible bagi pengguna media online, agar pesan Komnas HAM bisa lebih efektif.

Menurut Heru, selain sebagai media untuk menyampaikan informasi atas kegiatan Komnas HAM, website juga dipakai untuk meningkatkan citra dan kredibilitas lembaga. Untuk itu, apa yang ditulis di web harus bisa mencerminkan kebutuhan itu.

Secara umum, pelatihan ini meskipun sangat singkat telah membuka wawasan dan pemahaman bahwa website adalah media yang sangat strategis bagi Komnas HAM, untuk itu harus dikelola secara lebih profesional.

Peserta pelatihan berharap bahwa kegiatan bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan workshop sehari agar ada waktu yang cukup untuk berlatih menulis. (MDH)
Short link