Kabar Latuharary

Memajukan HAM oleh dan Untuk Generasi Muda

Komisioner Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron bersama dengan pejabat dan staf di Biro Pemajuan Hak Asasi Manusia Komnas HAM mengadakan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora pada Selasa, 15 Maret 2016. Di dalam pertemuan tersebut, dijajagi kerjasama untuk program pemajuan HAM untuk generasi muda.

Program dari Kemenpora yang sudah berjalan adalah melakukan kaderisasi generasi muda diantaranya menjadi kader anti narkorba di daerah-daerah maupun kader penggerak desa. Dengan adanya sinergi dengan Komnas HAM, maka ke depan, digagas integrasi muatan HAM di dalam program kaderisasi pemuda tersebut sehingga para pemuda dapat dan kapabel menjadi kader HAM. Untuk itu, perlu disiapkan materi dan sarana yang akan dikerjasamakan antara kedua lembaga negara tersebut.

Selain itu, program Kemenpora untuk 5 (lima) kota/kabupaten rawan konflik, akan disinergikan dengan fungsi dan kewenangan Komnas HAM sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang No. 7/2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. Di dalam Undang-Undang tersebut, Komnas HAM adalah anggota Satuan Tugas Penyelesaian Konflik di tingkat nasional.

Lebih lanjut, muncul adanya gagasan agar tema kepemudaan dan HAM menjadi salah satu tema unggulan dalam perayaan Hari HAM yang dilaksanakan pada setiap 10 Desember.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, akan dilakukan Memorandum of Understanding (MOU) antara Komnas HAM dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga. Setelah itu, akan dilakukan pembahasan teknis dalam lingkup Perjanjian Kerjasama untuk melaksanakan kegiatan bersama di tahun 2016 dalam rangka pemajuan HAM oleh dan untuk generasi muda.

Short link