Kabar Latuharary

Diskusi Ratifikasi OP ICRPD dengan Professor Ron McCallum

Komnas HAM melalui Dr. Ansori Sinungan selaku Pelapor Khusus Hak-Hak Penyandang Disabilitas bekerjasama dengan Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) akan mengadakan diskusi terfokus tentang urgensi dan relevansi ratifikasi Optional Protocol International Covenant on the Rights of Person with Disabilities (OP ICRPD) dengan Professor Ron McCallum pada Selasa, 5 April 2016, di Jakarta. Prof. Ron McCallum adalah mantan Ketua Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Penyandang Disabilitas (Committee on the Rights of Persons with Disabilities) untuk periode 2008-2010.

Tujuan dari diskusi tersebut adalah akan didapatkan bahan untuk penyusunan kertas posisi Komnas HAM atas OP ICRPD, adanya pengalaman tentang manfaat mekanisme internasional di bawah Komite PBB untuk Penyandang Disabiltas, dan adanya bahan untuk penyusunan rekomendasi untuk mendorong pemerintah supaya meratifikasi OP ICRPD.

Diskusi ini adalah salah satu kegiatan dari program yang dijalankan oleh Pelapor Khusus Hak-Hak Penyandang Disabilitas dalam rangka untuk mempromosikan penhormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia.
Short link