Kabar Latuharhary

Pelatihan Hak Ekosob di Philipina

Pada 23-27 Januari 2017, beberapa staf Komnas HAM berkesempatan mengikuti pelatihan “Blended Learning Course on Monitoring Economic, Social and Cultural Rights (ESCR) for National Human Rights Institutions”.

Pelatihan diadakan di Manila, Filipina, dengan penyelenggara Asia Pacific Forum (APF) bekerjasama dengan Center for Economic and Social Rights (CESR).

Selain diikuti oleh Komnas HAM, institusi nasional hak asasi manusia lain yang berada di kawasan Asia Tenggara juga mengikuti pelatihan ini, yaitu dari Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Staf Komnas HAM yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya adalah Fifa (Bagian Penyuluhan) dan Yuli (Bagian Pengkajian/Penelitian).

Dalam pelatihan ini, peserta dilatih menggunakan OPERA Framework untuk mengukur pemenuhan hak ekonomi, sosial dan budaya (ekosob) oleh pemangku kewajiban.

Ada empat langkah utama dalam OPERA Framework yaitu dengan melihat hasil (outcomes), upaya kebijakan (policy efforts), sumber daya (resources), dan penilaian (assessment).

Pelatihan ini sendiri diharapkan dapat memperkaya metode yang digunakan oleh institusi nasional hak asasi manusia dalam memantau pemenuhan hak ekosob di negaranya. Selain itu juga dapat berbagi pengalaman dengan negara-negara yang masih berada dalam satu kawasan. (Fifa)


Short link