Kabar Latuharary

Komnas HAM dan Universitas Lampung Bekerjasama

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Universitas Lampung (Unila) bersepakat untuk kembali bekerjasama. Kesepakatan kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman bersama yang ditandatangani pekan lalu di Kampus Unila Bandar Lampung.
 
“Kami berharap kerja sama ini dapat memberi sumbangan bagi upaya pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia, khususnya di Lampung,” ujar Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin ketika memberi sambutan.
 
Kerja sama antara Komnas HAM dan Unila ini menitikberatkan pada aspek pemajuan dan penegakan HAM dalam kerangka Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, Unila juga menjadi bagian dari jejaring Komnas HAM yang diharapkan dapat memberikan saran dan kritik atas kerja-kerja lembaga HAM nasional ini.
 
Komnas HAM dan Unila sebelumnya mempunyai kesepakatan kerja sama yang ditandatangani pada 2013. Namun, pada 2016 lalu, kesepakatan kerja sama dua lembaga ini telah habis masa berlakunya sehingga perlu ada nota kesepahaman baru agar dapat terus beraktivitas bersama.
 
Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Roichatul Aswidah juga mengemukakan pendapat senada. Kerja sama di antara dua lembaga ini diharapkan memberi sumbangan berarti bagi upaya pemajuan dan penegakan HAM, khususnya di Lampung.(Arif)
Short link