Pendidikan dan Penyuluhan

Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah Untuk Sekolah Ramah HAM

Sebanyak 17 orang perwakilan Kepala SekolahSMA di wilayah DKI Jakarta mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD)dengan tema peningkatan kapasitas alumni pelatihan/ToT Sekolah Ramah HAM(SRH)  yang diadakan oleh Komnas HAM di Hotel CemaraJakarta, 6-7 April 2017.

Kegiatan dilaksanakan untuk memperoleh informasikegiatan di sekolah terkait dengan SRH, supaya integrasi nilai-nilai HAM disekolah dapat dijadikan budaya dan selalu hadir di setiap sendi kehidupan prosesbelajar mengajar di sekolah.

Dalam sambutannya Plt. Kabag Penyuluhan MiminDwi Hartono menyampaikan tujuan FGD adalah untuk mendapatkan masukan atas indikator dan instrumenSekolah Ramah HAM dari stakeholders dan adanya penentuan sekolah calon pilot project dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. “Diharapkan dengan penerapan Konsep SRH disekolah, dipercaya mampu meredam beragam bentuk pelanggaran HAM di sekolah,”ujar Mimin.

Saat diskusi berlangsung yang dipandu olehpara Penyuluh HAM, beberapa kepala sekolah memberi masukan tentang belumdipahaminya batasan antara memberikan sanksi dalam proses mendidik denganpelanggaran HAM. Di lapangan masih sering terjadi pemberian sangsi agar siswatidak mengulang kembali namun disisi lain justru melanggar HAM. Ini yang harusdi pahami dulu agar didalam proses pembelajaran di sekolah tidak ada yangdirugikan.

Diakui oleh peserta bahwa kegiatan kesiswaan seringbersinggungan dengan tindak kekerasan seperti halnya kegiatan Masa OrientasiSekolah (MOS) terhadap siswa baru. Hal itu dilakukan oleh kakak pembinaterhadap adik kelasnya dengan dalih pembinaan atau semacam pengenalan adikkelas ke kakak kelas dengan label penghormatan.

Namun satu tahun terakhir, pelaksanaankegiatan MOS langsung ditangani oleh guru. Guru yang ditunjuk harus mengikutipelatihan terlebih dahulu.

Adanya masukan-masukan dari para peserta  sangat bermanfaat dan menjadi catatan KomnasHAM RH dalam menentukan instrumen dan implementasi SRH di sekolah. (SS)

Short link