Kabar Latuharary

Pos Pengaduan Komnas HAM di Tanjungpinang

Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan KomnasHAM telah melaksanakan kegiatan “Konsultasi danPenerimaan Pengaduan Proaktif di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau pada 21-24 Maret 2017.

Kegiatan penerimaan pengaduan di daerah inibertujuan supaya masyarakat semakin paham tentang keberadaan,tugas, kewenangan dan fungsi Komnas HAM dalam hal pelayanan dan penangananpengaduan kasus pelanggaran HAM. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satubentuk pelayanan Komnas HAM kepada masyarakat sebagai salah satu lembaga negarayang memberikan pelayanan publik.

Kegiatan di Kota Tanjungpinan diisi dengan talkshow  diRRI Kota Tanjungpinang; mengisi kuliah tamu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH); penerimaan konsultasi dan pengaduan di Kampus FISIP UMRAH; FGD tentang pemetaan kasus di Sekretariat LSM AirLingkungan dan Manusia (ALIM); dan penerimaan kontsultasi dan pengaduan di Sekretariat LSMAir, Lingkungan dan Manusia (ALIM).

Pos pengaduan pertama dibuka di Kampus FISIP UMRAH yang terletak di Jl. Dompak, BukitBestari Kota Tanjungpinang pada 22 Maret 2017. Dengan pembukaan pos pengaduandi Kampus UMRAH, diharapakan mahasiswa sebagai bagian dari masyarkat dapatmemanfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi dan/atau mengadukan peristiwadugaan pelanggaran HAM ke Komnas HAM.

Dalam pembukaan Pos di UMRAH, tidak terdapat berkas pengaduan yang diterima. Namun Tim memperoleh 5 (lima) konsultasi.

Pos Pengaduan keduadibuka di Sekretariat LSM ALIM Tanjungpinang yangterletak di Ruko Jl. Raja Haji Fisabilillah, Bukit Bestari, Sei Jang, Kota Tanjungpinang. Ditempat ini, setelah sebelumnya mengadakan Focus Group Discussion, Timmembuka kegiatan konsultasi dan/atau pengaduan. Dalam kegiataan ini, tim menerima konsultasi daritiga orang masyarakat.

Tim juga melakukan kegiatan Kuliah Tamu yang bertempat di Auditorium UMRAH pada 23 Maret 2017. Kegiatan inimerupakan bentuk apresiasi atas kesediaan UMRAH dalam mendukung kegiatanKonsultasi dan Pos Pengaduan di Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini menghadirkan anggota Komas HAM Dr.Otto Nur Abdullah bersama dengan Dosen UMRAH Dr. Oksep Adhayanto sebagainarasumber.  Kuliah umum kali ini mengambil tema “Populisme dan HakAsasi Manusia”. Para peserta adalah mahasiswa UMRAH dari berbagai disiplin ilmuyang berjumlah sekitar 200 mahasiswa.

Pada 22 Maret 2017, Tim Pengaduan bekerja sama dengan RRIPro 1Tanjung Pinang. Tim melaksanakan kampanye dalam acara yang bertajukDinamika RRI Tanjungpinang. Tim pengaduan memberikan penjelasan latar belakangatau alasan Komnas HAM melalui Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan membuka pospengaduan Kota Tanjungpinang dan melakukan sosialisasi dalam rangka pendekatanprefentif berupa perkenalan tentang HAM. Warga negara harus mengetahui bahwa HAM sudah ada dalam konstitusi.

Selain melaksanakan pembukaan pos pengaduan, Tim Pengaduan jugamelakukan FGD dengan sejumlah aktivis dan masyarakat sipildi Sekretariat LSM ALIM Kota Tanjungpinang. Peserta yangdatang cukup banyak, sekitar 20orang yang berpartisipasi aktif dalam diskusi.Diskusi kali ini dilaksanakan dengan tema “Peta Sosial Masyarakat Kota Tanjungpinang dan WilayahSekitarnya”.

Tim Komnas HAM yang bertugas dipimpin oleh Komisioner Otto Nur Abdullah, Kabiro Penegakan HAM Johan Efendi,dan Kabag Pengaduan Rima P. Salim. (Lulu)
Short link