Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Indeks Reformasi Birokrasi Komnas HAM Meningkat

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah melakukan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Komnas HAM Tahun 2016, dengan kesimpulan Indeks RB Komnas HAM mencapai 60,76 (Kategori B).

Hal ini merupakan capaian karena pada Tahun 2015, Indeks RB Komnas HAM pada kategori CC. Capaian ini merupakan kerjasama dari seluruh unit di Komnas HAM.

Hasil penilaian RB itu disampaikan oleh Menteri PAN dan RB Asman Abnur melalui surat Nomor B/65/M.RB.06/2017 tanggal 16 Februari 2017 perihal Hasil Evaluasi Pelaksanaan RB Tahun 2016.

Tujuan penilaian adalah untuk menilai kemajuan pelaksanaan program RB dalam rangka mencapai sasaran terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, dan memberikan pelayanan publik terbaik.

Selain itu, berdasarkan hasil survei tentang integritas organisasi, menghasilkan Indeks 3,23 dalam rentang 0-4. Indeks integritas ini mengambarkan persepsi pegawai Komnas HAM terhadap penerapan integritas secara internal. Sesuai dengan Permen RB dan PAN Nomor 52/2014, Indeks integritas idealnya berkisar pada angka 3,6. Dengan demikian, integritas Komnas HAM harus terus ditingkatkan.

Kemenpan RB menyarankan supaya Komnas HAM melakukan perbaikan berupa menyediakan media komunikasi yang populer untuk menyosialisasikan RB, identifikasi peraturan perundang-undangan, menerapkan sistem pengendalian, menerapkan e-government, asesmen pegawai berbasis kompetensi, menerapkan sistem kinerja berbasis elektronik, dan memperkuat sistem integritas. (MDH)