Kabar Latuharary

Indeks Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Komnas HAM Memuaskan

Pada 2016, Komnas HAM menyelenggarakan survei untuk mengukur IndeksKepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan yang diberikan Komnas HAM ke publikdan Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK).


Survei ini dilakukan untuk mendukung pencapaiantujuan reformasi birokrasi yaitu "menciptakan birokrasi pemerintahyang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerjatinggi, bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik,netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kodeetik aparatur negara".


Jenis layanan yang dinilai di Komnas HAM adalahlayanan perpustakaan, layanan pengaduan, layanan pemantauan/penyelidikan,layanan mediasi, dan layanan Komnas HAM.


Pengumpulan data survei IKM Komnas HAM dilakukanpada November-Desember 2016. Pengumpulan data dilakukan dengancara wawancara langsung terhadap responden, yaitu mereka yang menerima layanan pengaduan, pemantauan penyelidikan,dan mediasi, serta layanan perpustakaan di Komnas HAM


Berdasarkan survei, nilai indeks IKM dan IPAK masukdalam kategori Memuaskan (range 72.23%-86.11%) dan Sangat Memuaskan (range86.12%-100%).


Sedangkan atas survei kepuasan atas pelayananKomnas HAM, tingkat kepuasan pengguna layanan di Komnas HAM juga masuk dalamkategori Memuaskan (range 4.34-5.17) dan Sangat Memuaskan (range 5.18–6.00).


Survei SKM Komnas HAM akan dilakukan secara berkalakarena berguna untuk mengukur kualitas pelayanan publik dan perilaku korupsi,agar kinerja pelayanan dapat lebih ditingkatkan dan pelaksanaan ReformasiBirokrasi (RB) dapat berjalan dengan baik.


Untuk mendapatkan laporan secara utuh, dapatdiunduh di link berikut: https://www.komnasham.go.id/files/20170415-analisis-skm-komnasham-2016-$PNV274W.pdf

(Firdi)

Short link