Kabar Latuharary

Tugas Komisioner Baru, Benahi Institusi Komnas HAM

Tujuh orang komisioner Komnas HAM untuk periode 2017-2022 akan aktif menjalankan tugas pada 12 November 2017. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden tertanggal 6 November 2017.

Dalam acara pisah sambut komisioner Komnas HAM pada Jumat, 10 November 2017, Ketua Komnas HAM Nurkholis menyampaikan penghargaan kepada segenap staf Komnas HAM yang telah membantu kerja para komisioner periode 2012-2017. "Kami menaruh harapan pada komisioner baru untuk bekerja bersama dengan staf Komnas HAM secara lebih baik," ujar Nurkholis.

Acara tersebut dihadiri oleh lima orang komisioner baru, komisioner periode 2012-2017, para anggota Dewan Penasehat Komnas HAM, dan para pejabat struktural serta staf Komnas HAM.

Amirudin, mewakili komisioner baru menyampaikan keinginan dan ajakan kepada segenap komponen Komnas HAM untuk membenahi lembaga dan membangun kembali wibawa Komnas HAM. "Kami akan teruskan yang baik dan membanahi hal yang masih kurang." ujar Amirudin.

Sedangkan Prof. Jimly Ashidiqie selaku Dewan Penasehat Komnas HAM menyampaikan harapannya agar Komnas HAM tetap menjadi lembaga yang kritis dan non-mainstream. "Komnas HAM harus tetap menjadi lembaga yang unik," tegas Jimly.

Jimly juga menyampaikan bahwa hal mendasar bagi komisioner baru adalah membenahi Komnas HAM secara institusional, bukan orang per orang. "Pembahan institusional akan membawa perbaikan bagi Komnas HAM dalam menjalankan mandatnya," kata Jimly.

Selepas sambutan-sambutan tersebut, acara ditutup dengan foto bersama dan jabat tangan antara komisioner baru dengan pejabat serta staf Komnas HAM. (MDH)

Short link