Kabar Latuharary

Komnas HAM Membuka Pos Pengaduan di Pacitan Jatim

Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan KomnasHAM sejak 2013, telah melaksanakan kegiatan “Konsultasi dan PenerimaanPengaduan Proaktif di Daerah.Pada19-22 April 2017, kegiatanini dilaksanakan di Kabupaten Pacitan Provinsi JawaTimur.

Tujuankegiatan penerimaan pengaduan di daerah adalahsupaya masyarakat semakin paham tentang keberadaan,tugas, kewenangan dan fungsi Komnas HAM dalam hal pelayanan dan penangananpengaduan kasus pelanggaran HAM. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satubentuk pelayanan Komnas HAM kepada masyarakat sebagai salah satu lembaga negarayang memberikan pelayanan publik.

Kegiatandilakukan dengan membuka Pos Pengaduan Komnas HAM di Sekretariat LSM AspirasiPeduli Inspirasi (LSM API) pada  20 April2017 pukul dan Balai Kelurahan Baleharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan pada 21 April 2017. Selain itu, FGD(diskusi terbatas) di Balai Kelurahan Baleharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitanpada 21 April 2017, serta Talkshow diRadio Grindulu FM saluran 104,6 Mhz pada 20 April 2017 dan Talkshow di Radio Rasda FM saluran 93,5 Mhz pada 20 April 2017.

Tujuan kegiatan penerimaan konsultasi dan pengaduanlangsung ke wilayah yang telah diidentifikasi sebelumnya oleh Tim, adalah meningkatkanpemahaman masyarakat terkait tugas, fungsi dan kewenangan Komnas HAM dalam halpenanganan pelanggaran HAM di Indonesia; meningkatkan pemahaman masyarakatterkait tata cara dan prosedur penyampaian pengaduan ke Komnas HAM; dan melakukan Konsultasi danPenerimaan pengaduan secara langsung dari masyarakat selaku korban dan/ataupendamping korban pelanggaran HAM di daerah yang dikunjungi tim.

Pos pengaduan di sekretariat LSM API yang terletak di Jl. Gajahmada No.31, Baleharjo, Kab. Pacitan, Jawa Timur pada 20April 2017, Tim melaksanakan konsultasi dengan dua orang pengadu terkait dengan izin tambang tembaga  dan tanahwaris.

Sedangkandi Pos Pengaduan di Balai Kelurahan Baleharjo, Kec. Pacitan Kab. Pacitan Kabupaten Pacitan, Timmenerima 4 (empat) konsultasi terkait dengan tambang, tanah, dan peliputanberita (jurnalisme).

Selainmelaksanakan pembukaan pos pengaduan, Tim Pengaduan juga melakukan FGD dengansejumlah aktivis dan masyarakat sipil di Balai Kelurahan Baleharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan.Peserta yang datang cukup banyak, sekitar 15 orang yang berpartisipasi aktif dalam diskusi.Diskusi kali ini dilaksanakan dengan tema “Peta Sosial Masyarakat Kota Pacitan dan WilayahSekitarnya”.

Tim KomnasHAM yang bertugas dipimpin oleh Komisioner Otto Nur Abdullah dan Kabag PengaduanRima P. Salim. (Lulu)

Short link