Indonesian   English
Kabar Latuharhary

DPR Berkomitmen Menambah Anggaran Komnas HAM

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan komitmen untuk mendukung penguatan kelembagaan dan penambahan anggaran Komnas HAM untuk program kerja 2019.

Hal itu disampaikan oleh pimpinan Komisi III dan perwakilan fraksi-fraksi dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komnas HAM pada Rabu, 6 Juni 2018 di gedung DPR Senayan Jakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut para pimpinan Komnas HAM yang terdiri atas Ahmad Taufan Damanik, Hairansyah, Sandra Moniaga dan Sekretaris Jenderal Komnas HAM Tasdiyanto. Rapat Dengar Pendapat dipimpin oleh Trimedya Panjaitan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memaparkan rencana kerja untuk 2019 dimana menurut pagu indikatif yang diterbitkan oleh Bappenas dan Kemenkeu, anggaran Komnas HAM adalah sebesar Rp 85 Milyar. "Dari pagu tersebut, kami masih membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp 6 milyar untuk pemantauan Pilpres 2019 dan dukungan operasional Komnas HAM," ujar Taufan Damanik.

Selain itu, terkait dengan kebutuhan untuk mempunyai bangunan kantor yang lebih memadai bagi Komnas HAM, pimpinan Komisi III meminta agar komisioner dan Sesjen Komnas HAM aktif dalam melakukan komunikasi dengan pemerintah dan DPR. "Kami meminta Komnas HAM lebih aktif oleh karena lembaga-lembaga lain yang hadir sesudah Komnas HAM sudah memiliki gedung yang memadai, seperti KPK, KY dan LPSK," ujar Trimedya.

Lebih lanjut, Komisi III juga meminta agar Komnas HAM secara aktif melaporkan kasus yang melibatkan aparat penegak hukum agar dapat didorong penanganannya oleh DPR. 

Sebagai tindak lanjut, akan dilakukan pertemuan kembali pada bulan Juli 2018 untuk melakukan pembahasan secara lebih detail atas usulan kenaikan anggaran Komnas HAM. Pimpinan Komisi III meminta Komnas HAM memperbaiki proposal usulan penambahan anggaram itu. (MDH)

Short link
 
Penulis

Mimin Dwi Hartono

Redaktur

Follow Me: