Kabar Latuharary

Kapolda Aceh Terima Kunjungan Ketua Komnas HAM

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Aceh pada Kamis (8/11). 

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi, koordinasi dan penjajakan perjanjian kerjasama antara Komnas HAM dengan Polda Aceh dibidang pemajuan dan penegakan HAM. 

Kedatangan Ketua Komnas HAM dan tim disambut oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah, Irwasda Kombes Pol Erwin Faisal, Kabid Propam Kombes Pol M. Muslim Siregar serta sejumlah Pejabat utama  Polda Aceh. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Kapolda Aceh.  

Dalam pertemuan, Ketua Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik dan Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh Sepriady Utama menyampaikan apresiasi atas respon cepat Kepolisian dalam mengklarifikasi sejumlah pengaduan yang masuk ke Komnas HAM. 

Respon cepat dan klarfikasi kasus, tidak hanya terjadi di Mabes Polri, namun juga oleh Polda Aceh. Hal ini memberikan nilai positif tersendiri bagi kepolisian dalam upaya untuk terus mereformasi organisasi kepolisian yang lebih professional. 

Respon cepat tersebut dibenarkan oleh Irwasda Aceh yang beberapa waktu lalu merespon permintaan klarifikasi yang diajukan oleh Kantor Perwakilan Komnas HAM Aceh. 

Ketua Komnas HAM menambahkan bahwa saat ini ada perubahan tipologi pengaduan yang masuk ke Komnas HAM tentang kepolisian, dimana Polisi tidak signifikan diadukan oleh masyarakat sebagai pelaku utama kekerasan, namun diadukan dalam dugaan kelambanan proses penyelidikan dan atau penyidikan yang berlangsung dan tentunya harus dilihat secara objektif dan komprehensif dalam konteks criminal justice system. 

"Meskipun hubungan koordinasi dan kerjasama antara Perwakilan Komnas HAM Aceh dengan Polda Aceh selama ini telah berjalan baik namun dipandang perlu untuk ditingkatkan dengan perumusan kesepahaman bersama dan nantinya dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama baik dibidang pemajuan HAM maupun dibidang penegakan HAM," harap Ahmad Taufan.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak menyampaikan terimakasih atas kunjungan Ketua Komnas HAM RI dan Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM beserta staf. 

"Pada prinsipnya Polda Aceh sangat siap untuk bekerjasama dengan Komnas HAM, karenanya penjajakan kerja sama akan ditindaklanjuti dan ditingkatkan dengan melakukan pertemuan lanjutan yang akan membicarakan hal-hal yang bersifat lebih teknis dan subtantif dari rencana perumusan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Komnas HAM dengan Polda Aceh," kata Rio S Djambak.

Dalam pertemuan, Ketua Komnas HAM juga menyampaikan bahwa Komnas HAM akan menurunkan tim pemantauan khusus Pilpres dan Pileg 2019. 

"Sebagai informasi bahwa pemantauan Komnas HAM pada Pilpres dan Pileg 2019 mendatang akan terfokus pada upaya mencegah praktek diskriminasi, ujaran kebencian serta perbaikan pada fasilitas dan pemenuhan hak pilih warga berkebutuhan khusus serta kelompok rentan lainnya," papar Ahmad Taufan. 

Untuk itu, Komnas HAM meminta semua jajaran kepolisian di daerah untuk bekerjasama dan mendukung kegiatan pemantauan Komnas HAM tersebut karena natinya disetiap daerah akan dilakukan koordinasi awal dengan stakeholders termasuk Kepolisian Daerah. (Eka)     

Short link