Kabar Latuharary

Gubernur Sulteng Merespon Baik Perspektif HAM dalam Penanganan Pasca Bencana

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah, sesaat sebelum ke bandara untuk bertolak kembali ke Jakarta, Minggu (30/12), Ketua Komnas HAM Repulik Indonesia, Ahmad Taufan Damanik, bertemu dan diterima Gubernur Sulteng, Longky Djanggola, di rumah dinasnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut, Ahmad Taufan menyampaikan keprihatinan dan rasa duka mendalam terhadap musibah yang menimpa masyarakat Sulteng, khususnya diwilayah Palu, Sigi, Donggala dan Kabupaten Parigimoutong.

"Kami berdoa dan mendukung semua upaya yang dilakukan sehingga semua tahapan penanganan paska bencana dapat dilalui dengan baik," harap Ahmad Taufan, yang didampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sulteng, Dedi Askary.

Selain itu, Ahmad Taufan juga menyampaikan pikiran-pikirannya terkait dengan penanganan penyintas agar sedapat mungkin dilakukan dengan baik dan senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia, termasuk terhadap penyintas yang berkebutuhan khusus, seperti anak-anak, perempuan, orang lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

Gubernur Longky menyampaikan terima kasih dan penghargaan yg tak terhingga kepada Ketua Komnas HAM dan jajarannya yang telah berkenan dan meluangkan waktunya berkunjung dan melihat langsung kondisi paska bencana.

"Di tengah keterbatasan, kami selaku gubernur beserta dengan walikota dan bupati berupaya penuh dalam menangani para penyintas secara optimal," ujar Longky.

Adapun yang menjadi masukan dari Ketua Komnas HAM, lanjut Longky, akan diperhatikan dan ditindaklanjuti dalam forum-forum koordinasi menuju pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya. (DA)
Short link