Kabar Latuharary

Audiensi Panitia Global Land Forum ke Komnas HAM

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan Wakil Ketua Sandra Moniaga menerima kunjungan panitia Global Land Forum (GLF) pada Senin, 23 Juli 2018.

Hadir dalam pertemuan tersebut delapan orang panitia yang dipimpin oleh Dewi Kartika dari Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), salah satu dari 17 organisasi yang menjadi organizing committe GLF.

Dalam pertemuan dibahas tentang GLF yang akan diselenggarakan di Bandung pada 23-27 September 2018, yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. 

Dewi menyampaikan harapan partisipasi dan dukungan dari Komnas HAM karena menjadi pihak yang pernah memberikan rekomendasi agar KPA menjadi salah satu penyelenggara GLF yang sangat strategis. "Di dalam forum setiap tiga tahun ini akan disebarluaskan best practice dalam isu reforma agraria dar puluhan negara," ujar Dewi.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyanggupi untuk mengisi acara pada sesi pembukaan bersama dengan pejabat dari Indonesia dan negara lainnya. "Disamping itu kami juga akan melibatkan komisioner dan staf Komnas HAM dalam acara tersebut, apalagi  reforma agraria menjadi salah satu isu prioritas Komnas HAM," ujar Taufan.

Global Land Forum adalah forum pertemuan yang membahas persoalan-persoalan agraria baik di tingkat lokal maupun global terutama ketimpangan penguasaan tanah. Pertemuan ini akan dihadiri oleh sedikitnya 700 peserta organisasi akar rumput baik lokal maupun internasional, para peneliti, organisasi multilateral dan badan pemerintahan yang berasal dari 80 Negara di berbagai belahan dunia.

Pertemuan nanti adalah pertemuan ke-6 GLF yang sebelumnya telah diselenggarakan di  berbagai Negara, yakni; Uganda (2007), Nepal (2009), Albania (2011), Guatemala (2013), dan terakhir pertemuan Dakar, Senegal (2015). 

Untuk selanjutnya, panitia GLF dan Komnas HAM akan berkoordinasi lebih lanjut terkait dengan perhelatan besar tersebut sebagai kesempatan bagi Komnas HAM untuk mempromosikan dan memajukan HAM. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Mimin DH dari Bagian Penyuluhan dan Sasanti dari Bagian Kerjasama Antar Lembaga. (MDH)

Short link