Kabar Latuharary

Pertemuan Tahunan Komisi HAM Wilayah Asia Tenggara

Komnas HAM mengikuti pertemuan tahunan ke-15 South East National Human RightsInstitutions Forum  (SEANF) yangdiselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 13-14 September 2018.

SEANF merupakan sebuah forum yang beranggotakan enam institusi HAM  diwilayah Asia Tenggara, yakni Komnas HAM (Indonesia) Suruhanjaya Hak AsasiManusia (Malaysia), the Commission on Human Rights of the Philippines (CHRP),the National Human Rights Commission of Thailand (NHRCT), and the Provedoriados Direitos Humanos e Justica (PDHJ) Timor Leste. 


Pertemuan ini memberikan forum bagi para anggota untuk berbagi pandanganatas implikasi hak asasi manusia terutama di wilayah Asia Tenggara dan berbagiinformasi mengenai kerja lembaga masing-masing. Hadir mewakili Komnas HAM,Sandrayati Moniaga, Wakil Ketua Eksternal yang didampingi oleh Sri Nur Fathya, stafpenyusun laporan kerja sama.


Pertemuan tahunan tersebut didahului dengan Special Event untuk memperingati the 70th Anniversary of the Universal Declaration of HumanRights, dengan melaksanakan sebuah panel diskusi  bertemakan “ Hak Asasi Manusia sebagai Faktoruntuk Meraih SDGs”, yang diselenggarakan oleh NHRCT dan Regional Office of the High Commissioner for Human Rights for SoutheastAsia. 


Sesi ini diisi oleh para panelis yaitu Tan Sri Razali Ismail (KetuaSUHAKAM), Sandrayati Moniaga (Wakil Ketua Eksterna Komnas HAM), Roberto EugenioT Cadiz (Komisioner CHRP), Prof Emeritus Vitit Muntarbhorn (UN Independent Expert and member of UNCommissions of Inquiry on Human Rights) dan Juan Santander (Deputy Representative of UNICEFThailand). Kegiatan ini dihadiri perwakilan SEANF, perwakilan dari kementeriandi Thailand, perwakilan kedutaan besar, organisasi internasional dan masyarakatsipil. 


Pada pertemuan hari pertama antara lain dibahas mengenai pendiriansekretariat permanen SEANF di Jakarta. Forum menghargai usaha yang dilakukanKomnas HAM dan berharap agar sekretariat permanen dapat segera diwujudkan.Selain itu Forum juga mengadopsi Rencana Aksi untuk implementasi SEANF Strategic Plan (2017-2021).


Pada hari kedua, dibahas kerjasama antara SEANF dan the Association for the Prevention ofTorture (APF) untuk mengembangkan pedoman regional  SEANF untuk pencegahan penyiksaan.


Forum mengadopsi SEANF Statement onHuman Rights and SDGs. Agenda terakhir dari pertemuan tahunan, dilakukanpenyerahan jabatan ketua dari NHRCT ke PDHJ. Dengan penyerahan jabatan tersebut, ketua SEANF untuk periode September 2018– September 2019 beralih ke PDHJ. (Fathya)

Short link