Kabar Latuharary

Pemangku Jabatan Struktural di Komnas HAM Tandatangani Pakta Integritas

Latuharhary – Para pemangku jabatan struktural di lingkungan SekretariatJenderal Komnas HAM menandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja  sebagai wujud komitmen dan dukungan terhadap optimalisasikinerja, transparansi, akuntabilitas dan tata kelola lembaga yang lebih baik,di gedung Komnas HAM Jalan Latuharhary No.4B Jakarta, pada Jumat, 5 April 2019.

Acara tersebut dihadiri jajaranoleh pimpinan Komnas HAM, baik Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, WakilKetua Bidang Internal Hairansyah, Wakil Ketua Bidang Eksternal SandrayatiMoniaga, dan Sekretaris Jenderal Komnas HAM Tasdiyanto.

Ketua Komnas HAM, Ahmad TaufanDamanik, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baiksebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kinerja lembaga. “ Kami sangatberbangga hati bahwa kita semua dalam komitmen yang sama untuk meningkatkantata kelola lembaga Komnas HAM. Mekanisme ini dapat kita artikan sebagai upayaperbaikan lembaga yang dapat diukur, dioptimalkan, dan dinilai secara regular,”paparnya.

Akibat keberadaan mekanisme ini, katanya,kita dapat berharap banyak bahwa praktik-praktik atas dasar subjektivitas dapatdikesampingkan bahkan dihilangkan sama sekali. “Kinerja dapat diukur, dinilaisecara objektif, dan memiliki indikator-indikator yang jelas serta dapatdiakses oleh siapapun,” tukasnya.  

Kendati demikian, lanjutnya, yangterpenting adalah membangun kemauan diri yang kuat untuk melakukan upayaperbaikan. “Seharusnya kita semua mempunyai kesadaran untuk menetapkan standarintegritas dan kinerja kita masing-masing. Mekanisme dan aturan di luar ituhanya dalam konteks memotivasi dan mengarahkan,” katanya.

Lalu mengapa acara tersebut dikemasdalam seremonial, Ketua mempunyai jawabannya, yaitu agar acara tersebut menjadibudaya yang baik di Komnas HAM. “Prinsip-prinsip fairness, objektivitas, transparansi, harus kita kedepankan, karenasemua pihak telah paham apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnyamasing-masing,” jelasnya.

Ke depan, katanya, pihaknyatengah merumuskan kode etik lembaga,” Komisioner juga akan diikat dalam levelintegritas tertentu. Alhasil semua pihak akan dikat dalam konteks penilaianyang objektif dan mengesampingkan unsur subjektivitas,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, SekretarisJenderal Komnas HAM, Tasdiyanto, menyampaikan bahwa perjanjian kinerja akandifungsikan untuk memastikan apakah  kinerjatelah sesuai dengan perencanaan awal tahun. “Idealnya memang dilakukan di awaltahun, dan hal ini merupakan instrumen manajemen yang wajib dilaksanakan.Semoga hal ini mendorong lembaga Komnas HAM menjadi instansi yang terpandangdan terpercaya,” pungkasnya.

Perlu disampaikan bahwa paktaintegritas yang ditandatangani oleh jajaran pejabat struktural Komnas HAM al.menyebutkan komitmen untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan danpemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalamperbuatan tercela serta bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabeldalam melaksanakan tugas. (ENS)  

Short link