Indonesian   English
Kabar Latuharhary

Komnas HAM Perkuat Fungsi Kehumasan

Latuharhary—Komnas HAM sebagai lembaga yang bertujuan mengembangkan kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan HAM harus memiliki fungsi kehumasan yang kuat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Umum, Widjatmoko saat membuka Pelatihan Kehumasan bagi pegawai Komnas HAM (23/4) di jakarta.

“Diharapkan teman-teman dapat mempelajari materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, sebagai modal dalam melaksanakan fungsi humas Komnas HAM ke depannya,” ujar Widjatmoko.

Narasumber pelatihan ini terdiri dari para praktisi di bidang hubungan masyarakat dan media, diantaranya adalah Usman Kansong Direktur Pemberitaan Media Indonesia; Henny Puspita Sari, Public Relation & Publicity Manager, MetroTV; Djadjat Sudradjat, Dewan Redaksi Media Group. Dalam pelatihan ini, para praktisi berbagi ilmu dan pengalaman dalam paparan materinya dan mempraktikan materi yang disampaikan. Salah satunya adalah penulisan berita dan teknik fotografi jurnalistik.

“Harapan kami, para peserta kemudian dapat menghasilkan produk-produk media Komnas HAM yang dapat menjadi rujukan yang layak bagi media di luar lembaga Komnas HAM,” ujar Usman Kansong, salah satu narasumber pelatihan yang juga merupakan praktisi media.

Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini. Indah Wulandari, peserta perwakilan dari Sub Bagian Kerjasama Antar Lembaga, menyambut baik pelatihan ini. “Jika dilihat dari materi-materi kehumasan dalam pelatihan ini, sudah cukup lengkap. Mungkin akan lebih baik jika ditambahkan materi mengenai penguasaan multimedia dan lebih lanjut dapat bekerja sama dengan organisasi kehumasan seperti Ikatan Pranata Humas (Iprahumas),” harapnya.

Hal menarik disampaikan Henny Puspita Sari, narasumber pada materi “Crisis Communications”, sebagai humas di salah satu media terbesar di Indonesia. Ia memaparkan sejumlah masalah-masalah yang kerap dihadapi humas di lapangan dan strategi-strategi dalam melaksanakan fungsi humas, satu hal yang ia tekankan adalah “Semua pegawai yang ada di suatu institusi, merupakan public relations bagi institusinya. Oleh karena itu, penting bagi semua elemen mulai dari manajemen, humas, dan semua pegawai dapat bekerja sama dan saling mendukung dalam menjalankan fungsi kehumasan. Tentunya dengan dinaungi standar operasional prosedur dan aturan-aturan.” Semoga dengan adanya pelatihan ini, kehumasan Komnas HAM dapat semakin berkembang sehingga dapat turut berkontribusi dalam memanjukan lembaga Komnas HAM.(Banu)


Short link
 
Penulis

Komnas HAM

Web Admin

Follow Me: