Kabar Latuharhary

LBHM dan Hivos Tawarkan Kerja Sama pada Program PBH

Latuharhary Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) dan Hivos menawarkan konsep kerja sama dalam rangka sosialisasi HAM di lingkungan Kepolisian melalui Program Polisi Berbasis HAM (PBH) Kommas HAM, bertempat di Ruang Rapat Dikluh, Gedung Komnas HAM Menteng, pada pada Senin (05/08/19).

Sebelumnya LBHM dan Hivos telah menyampaikan harapannya untuk menjalin kerja sama pada setiap kegiatan dari program PBH Komnas HAM. “Tujuan Program PBH Komnas HAM sejalan dengan tujuan sosial kami di bidang hak asasi manusia yaitu isu minoritas khususnya diskriminasi dan intoleransi. Kami turut menyasar pihak Kepolisian karena berdasarkan data yang kami peroleh, Aparat Kepolisian banyak melakukan diskriminasi saat pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan khususnya terhadap kelompok-kelompok minoritas”, ungkap Genia perwakilan dari LBHM.

Tim PBH Komnas HAM menyambut baik tujuan kedatangan pihak LBHM dan Hivos ke Komnas HAM. “Dalam waktu dekat ini PBH Komnas HAM akan menyelenggarakan kegiatan di Polda Makassar, Sulawesi Sulatan, mungkin nanti teman-teman dari LBHM dan Hivos dapat mengisi di salah satu sesi dengan membawa data-data diskriminasi yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian. Nanti bersama-sama kita akan cari solusinya dengan masukan dari LBHM-Hivos, Kepolisian dan juga masyarakat sipil agar berimbang”, ujar Abiyoga selaku Koordinator dari Program PBH Komnas HAM.

Alfan Cahasta, salah seorang penyuluh Komnas HAM, mengingatkan kepada LBHM dan Hivos untuk tidak terlalu menyalahkan pihak Kepolisian. “Mungkin pihak Kepolisian juga masih belum tahu jika apa yang mereka lakukan di lapangan itu melanggar HAM sehingga kita perlu melakukan sosialisasi menyangkut teknisnya, semisal teknis penggerebekan dan penangkapan yang tidak melanggar hak-hak dari terduga pelaku misalnya,” jelas Alfan.

Terkait teknis kerja sama, akan dibahas secara detil pada pertemuan selanjutnya setelah mendapatkan pengarahan dan persetujuan dari Beka Ulung Hapsara selaku Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM merangkap Komisioner Subkomisi Penyuluhan.

Perlu disampaikan bahwa Program PBH yang sejak 2015 digagas Subkomisi Penyuluhan Komnas HAM, dijalankan antara lain melalui pelatihan HAM oleh penyuluh Komnas HAM di sejumlah instansi Kepolisian. Program ini merupakan salah satu andalan Bagian Dukungan Penyuluhan HAM yang bertujuan melakukan penyebarluasan wawasan dan peningkatan kesadaran HAM kepada aparat Kepolisian RI khususnya pada Satuan Reserse, Shabara dan Brimob karena satuan ini yang terjun ke lapangan dan bersinggungan langsung dengan masyarakat. (Ratih/ENS)

Short link