Kabar Latuharary

LBHM dan Hivos Tawarkan Kerja Sama pada Program PBH

Latuharhary LembagaBantuan Hukum Masyarakat (LBHM) dan Hivos menawarkan konsep kerja sama dalam rangka sosialisasi HAMdi lingkungan Kepolisian melalui ProgramPolisi Berbasis HAM (PBH) Kommas HAM, bertempat diRuang Rapat Dikluh, Gedung Komnas HAM Menteng, pada pada Senin(05/08/19).

Sebelumnya LBHM dan Hivos telah menyampaikan harapannya untuk menjalin kerja sama pada setiap kegiatan dari program PBH KomnasHAM. “Tujuan Program PBH Komnas HAM sejalan dengan tujuansosial kami di bidang hak asasi manusia yaitu isuminoritas khususnyadiskriminasi dan intoleransi. Kami turut menyasar pihakKepolisian karena berdasarkan data yangkami peroleh, Aparat Kepolisianbanyak melakukan diskriminasi saat pelaksanaan tugas dan fungsi dilapangan khususnya terhadap kelompok-kelompokminoritas”, ungkap Genia perwakilan dari LBHM.

Tim PBH Komnas HAM menyambut baiktujuan kedatangan pihak LBHM dan Hivos ke Komnas HAM. “Dalam waktudekat ini PBH Komnas HAM akan menyelenggarakan kegiatan di Polda Makassar,Sulawesi Sulatan, mungkin nanti teman-teman dari LBHM dan Hivos dapat mengisidi salah satu sesi dengan membawa data-data diskriminasi yangdilakukan oleh Aparat Kepolisian. Nanti bersama-sama kita akan cari solusinya dengan masukan dariLBHM-Hivos, Kepolisian dan juga masyarakat sipil agar berimbang”, ujar Abiyogaselaku Koordinator dari Program PBH Komnas HAM.

Alfan Cahasta, salah seorang penyuluhKomnas HAM, mengingatkan kepada LBHM dan Hivos untuk tidakterlalu menyalahkan pihak Kepolisian. “Mungkin pihak Kepolisian juga masih belumtahu jika apa yang mereka lakukan di lapangan itu melanggar HAM sehingga kitaperlu melakukan sosialisasi menyangkut teknisnya, semisal teknis penggerebekan dan penangkapan yang tidakmelanggar hak-hak dari terduga pelaku misalnya,” jelasAlfan.

Terkait teknis kerja sama, akan dibahas secaradetil pada pertemuan selanjutnya setelah mendapatkan pengarahan dan persetujuan dari Beka Ulung Hapsara selaku Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM merangkap Komisioner Subkomisi Penyuluhan.

Perlu disampaikan bahwa ProgramPBH yang sejak 2015 digagas Subkomisi Penyuluhan Komnas HAM,dijalankan antara lain melalui pelatihan HAM oleh penyuluh Komnas HAM di sejumlah instansi Kepolisian. Program ini merupakan salah satu andalanBagian Dukungan Penyuluhan HAM yang bertujuan melakukan penyebarluasan wawasan dan peningkatan kesadaran HAM kepada aparat Kepolisian RI khususnyapada SatuanReserse, Shabara dan Brimob karenasatuan ini yang terjun ke lapangan dan bersinggungan langsung dengan masyarakat. (Ratih/ENS)

Short link