Kabar Latuharary

Komnas HAM Dukung Festival 45:45, Meretas Batas dengan Penyintas

Latuharhary - Komnas HAM turut mendukung Festival 45:45 : Meretas Batas dengan Penyintas yang diselenggarakan oleh Indonesia untuk Kemanusiaan (IKA) bersama dengan Koalisi untuk Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) pada 29-31 Agustus 2019 di Gedung Ciptaniaga Kota Tua, Jakarta. 


Festival 45:45, yang bermakna dari tahun 1945 – 2045 ini digelar sebagai upaya untuk menghargai keberhasilan atas segala upaya selama lima tahun terakhir dalam melakukan kerja-kerja advokasi, juga merupakan salah satu proses untuk mengetahui sejarah masa lalu untuk mengimajinasikan masa depan dalam satu abad bangsa Indonesia. 


Festival ini juga akan menjadi sebuah forum lintas generasi yang bisa menjadi ruang temu antar penyintas dengan anak-anak muda dan diharapkan akan menjadi sebuah ruang pencarian di tengah stagnasi penuntasan kasus pelanggaran HAM masa lalu.


Dalam festival ini beberapa kegiatan dilaksanakan yaitu Temu Anak Muda: "Yang Jarang Diomongin Anak Muda", Pameran dan Diskusi Sejarah Keluarga, Pojok Cerita: "Tanya Apapun yang Kamu Mau Tahu", Peluncuran Buku dan Pameran Foto "Para Pembuka Jalan: Harkat Korban untuk Martabat Bangsa“,  Workshop pembuatan kartu pos: "Kreativitas untuk Kemanusiaan", Seminar Publik "Praktik Baik dari Advokasi Hak Ekosob", Temu Pelaku Budaya, Give Back Sale Pundi Insani, Peringatan Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional, Festival Film, Konser Musik Efek Rumah Kaca X Dialita dan booths komunitas & lembaga.


Sebagai bagian dari inisiatif ini, Komnas HAM dan INFID akan berpartisipasi dalam kegiatan yang secara khusus dimaksudkan untuk mempromosikan dan mensosialisasikan Festival HAM 2019 yang akan diselenggarakan di Jember pada tanggal 19 – 21 November 2019. 


Festival 45:45 dan Festival HAM 2019 memiliki semangat yang sama dalam kerangka untuk menidentifikasi praktik-praktik baik merawat dan memperkuat Indonesia yang inklusif, beragam dan bhinneka, baik oleh masyarakat, dan terutama oleh pemerintah (pusat dan daerah).


Komnas HAM bersama dengan INFID selain bermaksud untuk mendukung inisiatif IKA dan KKPK dalam penyelenggaraan Festival 45:45, juga untuk mensosialisasikan konsep dan isi Festival HAM 2019, dan  mengajak publik, khususnya anak muda untuk berpartisipasi dan hadir dalam Festival HAM 2019. 


Dalam festival 45:45 Komnas HAM bersama dengan INFID akan turut mengadakan beberapa kegiatan, seperti pemutaran Video Promosi Festival HAM 2019, display dan sirkulasi dokumen/informasi tentang FHI, dan display dokumen tentang Komnas HAM dan INFID. (Tari)

Short link