Kabar Latuharhary

Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Komnas HAM Cita-Citakan Pemuda Berkarakter

Latuharhary - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lapangan kantor Komnas HAM, Senin (28/10/2019) dipenuhi semangat membangun karakter pemuda tangguh. 

"Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja, pemuda beriman dan bertakwa, berintegrasi tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas dan tuntas," kata Kabiro Perencaan, Pengawasan Internal, dan Kerjasama Komnas HAM Esrom Hamonangan Panjaitan yang menjadi pembina upacara Hari Sumpah Pemuda.

Pesan tersebut, menurutnya, selaras dengan tema peringatan tahun ini, yakni “Bersatu Kita Maju”. Tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Esrom juga menyoroti perkembangan teknologi informasi yang pesat, ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Sisi lain mempunyai dampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme, dan terorisme. 

“Pemuda harus membendung sisi negatif teknologi informasi dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” imbuh Esrom.   

Ia juga mengatakan bahwa pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah international.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat  bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” tutup Esrom (SP/AM/IW)
Short link