Kabar Latuharary

Komnas HAM-Bappenas Perluas Diseminasi Standar Norma dan Setting Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis

Latuharhary – Komnas HAM dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Diseminasi Standar Norma dan Setting Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dengan mengundang 34 Sekretaris Daerah tingkat Provinsi dan para pihak yang berkepentingan, di antaranya Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Agama RI serta Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Hotel Aone Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik yang didaulat membuka kegiatan ini, menyoroti paradoks di era globalisasi.

“Banyak gesekan yang muncul karena adanya sentimen etnis. Adanya pergeseran yang dipicu dari sentimen mikro, ras dan etnis. Ketika etnisitas menjadi justifikasi untuk mengecilkan etnisitas lain bahkan hingga menimbulkan kekerasan, diskriminasi, itu yang berbahaya,” ujarnya.


Walhasil, banyak kasus dan pengaduan yang Komnas HAM terima terkait isu diskriminasi ras dan etnis. Taufan juga mencermati penanganan ancaman dan konflik diskriminasi di daerah, terutama ancaman diskriminasi ras dan etnis, kebebasan beragama, dan kebebasan berorganisasi. 

"Namun  berkat adanya peran pemerintah daerah, hal itu dapat diselesaikan secara baik secara internal,” ungkap Taufan. Ia lantas mengharapkan melalui kegiatan diseminasi ini dapat meningkatkan peran aktif pemerintah daerah dalam menghadapi ancaman dan menyelesaikan konflik diskriminasi yang terjadi di daerah. 

Hasil kajian Standar Norma dan Setting Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis yang dilakukan Biro Dukungan Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM diyakini dapat menjadi panduan bagi para pembuat kebijakan daerah agar selaras dengan prinsip HAM.

Hadir sebagai pembicara diseminasi, antara lain Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM M. Choirul Anam dan Kepala Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Negeri Medan Majda El Muhtaj. Acara ini dihadiri juga oleh Direktur Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas Prahesti Pandanwangi, Wakil Ketua Internal Komnas HAM Hairansyah, Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Sandrayati Moniaga, Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Andante Widi Arundhati, Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM Gatot Ristanto, Kepala Biro Perencanaan, Pengawasan Internal dan Kerjasama Esrom Hamonangan Panjaitan beserta jajaran pejabat dan staf Komnas HAM RI. (AAP/IW)

Short link