Kabar Latuharary

Komnas HAM Siap Mengemban Tugas Sebagai Ketua SEANF Periode 2019 – 2020

Dili, Timor Leste --- Komnas HAM menghadiri acara 16th Annual Meeting SEANF yang diselenggarakan di Dili – Timor Leste pada 22 – 24 Oktober 2019. Annual Meeting SEANF merupakan forum tertinggi SEANF untuk bertukar pandangan dan pengalaman sekaligus mendiskusikan isu yang menjadi perhatian bersama dan merupakan kerja sama kolektif antar NHRI untuk memajukan dan melindungi Hak Asasi Manusia di regional Asia Tenggara. Delegasi Komnas HAM terdiri dari Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Wakil Ketua Eksternal Sandrayati Moniaga, Kepala Sub Bagian Kerja Sama Antar Lembaga Sri Nur Fathya, dan Analis Kerja Sama Haris Agung Setyawan.


Kegiatan diawali dengan International Seminar on the Rights of Persons with Disabilities yang bertujuan untuk berbagi pengalaman, strategi, dan panduan dalam memajukan dan melindungi hak penyandang disabilitas, khususnya di Timor Leste. Annual Meeting SEANF 2019 membahas beberapa hal seperti perkembangan masing-masing NHRI anggota SEANF sejak Annual Meeting 2018, kerja sama Inter-NHRI Inquiry Panels, kerja sama dengan AICHR dan SEANF, dan perkembangan pengurusan Sekretariat Permanen SEANF oleh Komnas HAM. Forum juga menyepakati SEANF’s Guideline on Torture Prevention, SEANF’s Guidelines on the Management of Website and Social Media, dan pembuatan website SEANF. Komnas HAM juga menyampaikan perkembangan pengurusan Sekretariat Permanen SEANF yang sudah dalam tahap didiskusikan dengan kementerian terkait melalu rapat Inter-Kementerian dan diharapkan Permanen Sekretariat SEANF akan terbentuk pada tahun 2021 di Jakarta.

Annual Meeting SEANF 2019 memiliki agenda utama berupa serah terima mandat kepemimpinan Ketua SEANF dari PDHJ Timor Leste kepada Komnas HAM Republik Indonesia, sekaligus menandai dimulainya peran Komnas HAM sebagai Ketua SEANF periode 2019 – 2020. Terpilihnya Komnas HAM sebagai Ketua SEANF periode 2019 – 2020 dapat menjadi kesempatan bagi Komnas HAM untuk memaksimalkan perannya di dalam upaya pemajuan dan penegakan HAM di tingkat internasional, khususnya di kawasan regional Asia Tenggara. (HAS)

Short link