Kabar Latuharary

Pembangunan Berbasis HAM Jadi Ruh Festival HAM 2019

Jember - Pembangunan berbasis hak asasi manusia (HAM) menjadi kondisi ideal dalam menciptakan keadilan sosial di dalam masyarakat. 

"Partisipasi, akuntabilitas, non diskriminasi, pemberdayaan dan saling terkait antar satu dengan yang lain," ucap Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam sambutannya saat pembukaan Festival HAM 2019 di Gedung PB Sudirman, Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Selasa (19/11/2019).

Ia mengatakan, pembangunan yang berlandaskan HAM secara mendasar menekankan pada manusia sebagai subyek, dan menganut prinsip-prinsip HAM. Resolusi Dewan HAM terbaru tentang Pemerintah Daerah dan HAM yang dikeluarkan pada 2019 pun mengaitkan peran pemerintah daerah dan HAM dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).



Pembangunan yang berkelanjutan, kata Taufan, salah satu tujuannya adalah keadilan sosial yang merupakan tanggung jawab bersama yang wajib dipenuhi. Tradisi, adat istiadat, dan prinsip kebudayaan dapat digunakan sebagai sebuah pendekatan demi tercapainya tujuan pembangunan tersebut.

"Pemerintah Daerah merupakan aktor utama pada saat yang sama juga pengampu kewajiban penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM,"tegasnya. 

Pengakuan terhadap peran penting pemerintah daerah juga tertuang dalam Resolusi Dewan HAM PBB yang didalamnya menyebutkan tentang kerangka kerja Human Rights Cities.

Mengapa Jember?

Jember sebagai tuan rumah Festival HAM 2019 menjadi perwujudan upaya konkret dari Bupati Jember dalam menjalankan program kerja berperspektif HAM. Selain itu, Kabupaten Jember memiliki kekhasan tersendiri dengan Tradisi Pandhalungan, dan kekuatan budaya lainnya.

Taufan berharap kegiatan ini mampu menghasilkan komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, melalui implementasi kerangka kerja Kabupaten/Kota HAM dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs).

Dalam kesempatan tersebut, Taufan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jember dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi. "Komnas HAM mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama memastikan terselenggaranya acara ini," ujarnya. (AM/IW)

Short link