Kabar Latuharhary

Kunjungan JDIH Komnas HAM ke JDIH Pemrov Jabar

Dalam upaya memajukan pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), Kamis (28/2/2019), Tim JDIH Komnas HAM melakukan kunjungan ke JDIH Pemerintah Provinsi Jawa Barat.  Kegiatan diskusi ini merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah dilaksanakan sejak 2018. Sebagai informasi, pada 2018 JDIH Pemrov Jabar meraih peringkat pertama penghargaan JDIH terbaik dalam kategori Pemerintah Provinsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Hairansyah, Wakil Ketua Internal Komnas HAM berharap agar tim JDIH Komnas HAM selalu dapat berkoordinasi dengan JDIH Pemrov Jabar. Koordinasi ini diharapkan bisa meningkatkan hubungan kerjasama yang telah dibangun dan mendukung Komnas HAM dalam meningkatkan dan perbaikan JDIH Komnas HAM untuk lebih profesional dan menjadi data sumber JDIH dalam bidang HAM.

Senada dengan hal tersebut, Denny Wahjudin selaku Kepala Bagian Bantuan Hukum dan HAM juga berharap kerjasama tidak hanya terbatas selama 3 tahun sejak ditandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) 1 April 2018, tetapi bisa diperpanjang dalam jangka waktu yang lama. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman, terutama di bidang HAM.

Sementara itu dalam paparannya di depan JDIH Pemrov Jabar, Rima Purnama Salim selaku PIC JDIH Komnas HAM menyampaikan salah satu tujuan terbentuk JDIH Komnas HAM adalah penataan peraturan internal, aksebilitas dan pembuatan database produk hukum. “Sementara itu konten web JDIH juga mulai dikembangkan melalui penambahan konten terkaik kovenan internasional dan informasi hukum, glocery HAM”, tambahnya.

Supriadi selaku Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum menyampaikan JDIH Pemrov Jabar juga melakukan pengawasan terhadap JDIH masing-masing SKPD. “Untuk memacu peningkatan pengelolaan JDIH di setiap SKPD, JDIH Pemrov Jabar selalu membuat inovasi, salah satunya dengan menyelenggarakan JDIH Award untuk Kabupaten/Kota setiap tahunnya”, tambahnya.

Tim JDIH Komnas HAM terdiri dari Hariansyah, Widjatmoko, Markos Amra, Yhodisman, Rima Purnama Salim, Jidarmin, Ruhaida Ivasari, Elsa Wardani dan Martin.

(AUF).

Short link