Kabar Latuharary

Ketua Komnas HAM Hadiri Peluncuran EVP KPU

Latuharhary – Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, menghadiri kegiatan peluncuran Election Visit Program (EVP) Pemilu 2019 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Senin, (15/4/2019).

Kegiatan ini sejalan dengan tujuan Komnas HAM terkait penghormatan hak warga negara dalam berserikat dan berkumpul dan berpartisipasi secara aktif dalam pemilu 2019.

EVP dibuka langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman dan dihadiri oleh peserta dari dalam maupun luar negeri hingga mencapai 189 orang peserta. Arief mengharapkan agar kegiatan EVP ini mampu memberikan pengalaman berharga bagi para peserta pada pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Indonesia.

Para peserta ini, lanjutnya, akan melakukan pemantauan proses pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di sekitar Jakarta. “Rencananya, TPS yang akan dikunjungi berlokasi di seputar Jakarta saja. Peserta election visit program akan mengikuti program yang sudah disiapkan oleh KPU,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari KPU, anggota EVP ini berasal dari berbagai lembaga baik dari dalam maupun luar negari yaitu perwakilan beberapa negara, dubes negara sahabat, LSM internasional, pemantau Pemilu domestik, akademisi serta perwakilan kementerian dan lembaga di Jakarta.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai kepemiluan di berbagai negara. Juga sebagai upaya untuk memperlihatkan cara kerja KPU yang transparan dalam pelaksanaan pemilu 2019,” lanjutnya.

Perlu disampaikan bahwa kegiatan ini telah seraca rutin diselenggarakan oleh KPU khususnya pada setiap momen penyelenggaraan pemilu. Tepatnya sejak 2014 EVP diselenggarakan, bukan hanya pada momen pemilu nasional namun juga pilkada serentak 2015, 2017 dan 2018. Menurut Arief hal ini penting dipublikasikan agar publik me ngetahui bahwa penyelenggaraan pemilu di Indonesia dilaksanakan secara transparan.

Pada Rabu 17 April 2019, KPU akan mengajak seluruh tamu EVP melakukan observasi lapangan, memantau penyelenggaraan Pemilu. (Egi/ENS)
Short link