Kabar Latuharary

Komnas HAM Terima Kunjungan MGMP PPKn Kabupaten Bekasi

Latuharhary – Komnas HAMmenerima kunjungan Studi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PendidikanPancasila dan Kewargamegaraan (PPKn) Kabupaten Bekasi Jawa Barat di RuangPengaduan Komnas HAM pada Senin, 29 April 2019.

 

Ibu Wahyu selaku perwakilan rombongan menyampaikansambutan dan menjelaskan tujuan dan harapan dari kedatangan mereka ke KomnasHAM. “Kami hendak mempelajari lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsiKomnas HAM. Selain kami juta ingin mengetahui tentang konsep HAM danPelanggaran HAM, kinerja atau kerja-kerja yang telah dilakukan Komnas HAM, dan fenomenaserta persoalan-persoalan HAM yang sedang menjadi tren terutama terkait dengandunia pendidikan,” paparnya.

 

Pada kunjungan tersebut, acara dibuka oleh PejabatKomnas HAM yang hadir yaitu Plt Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan HAM, YuliAsmini. Yuli menyampaikan kata sambutan yang memaparkan tentang profil KomnasHAM dan sejumlah kinerja yang telah dan akan dilaksanakan Komnas HAM.

 

Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan sesipemaparan materi oleh narasumber. Master of Ceremony,  mempersilakan Hari Reswanto selaku moderatoruntuk memandu jalannya sesi diskusi. Lalu  Hari Reswanto mengajak seluruh peserta untuk menyaksikanFilm Profil Komnas HAM dan Film tentang HAM.

 

Usai pemutaran film yang berdurasi sekitar 10menit, acara dilanjutkan ke sesi pemaparan materi tentang HAM, Pelanggaran HAM,dan Mekanisme HAM oleh Rusman Widodo, Penyuluh HAM Komnas HAM yang bertindakselaku narasumber. Dalam paparannya, Rusman Widodo menyampaikan definisi HAMdan Pelanggaran HAM merujuk pada UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM. Jugamembahas tentang instrumen HAM dan mekanisme penanganan kasus-kasus pelanggaranHAM oleh lembaga/komisi negara yang ada di Indonesia.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.Moderator mempersilahkan peserta untuk bertanya. Sejumlah pertanyaan yangmuncul yaitu terkait LGBT,  kekerasan disekolah, Sekolah Ramah HAM, program pendidikan dan pelatihan HAM, dan tentangtindaklanjut dari kerja pemantauan yang dilakukan Komnas HAM.

 

Selanjutnya masuk ke sesi pertanyaan kuis yangdipandu oleh Hari Reswanto. Hari menyampaikan tiga buah pertanyaan, antara laintentang fungsi Komnas HAM. Para peserta terlihat antusias menjawabpertanyaan-pertanyaan tersebut. Kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaandengan benar, panitia memberikan hadiah kaos: satu bumi tanpa diskriminasi.

 

Setelah kuis berakhir, acara dilanjutkandengan penyerahan cinderamata berupa terbitan Komnas HAM kepada rombongan MGMPPPKn Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Panitia pun menyampaikan ucapan  terima kasih atas partisipasi aktif dari paramahasiswa.  Acara diakhiri dengan sesi fotobersama. (ENS)

Short link