Kabar Latuharhary

Komnas HAM Terima Kunjungan MGMP PPKn Kabupaten Bekasi

Latuharhary – Komnas HAM menerima kunjungan Studi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewargamegaraan (PPKn) Kabupaten Bekasi Jawa Barat di Ruang Pengaduan Komnas HAM pada Senin, 29 April 2019.

 

Ibu Wahyu selaku perwakilan rombongan menyampaikan sambutan dan menjelaskan tujuan dan harapan dari kedatangan mereka ke Komnas HAM. “Kami hendak mempelajari lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsi Komnas HAM. Selain kami juta ingin mengetahui tentang konsep HAM dan Pelanggaran HAM, kinerja atau kerja-kerja yang telah dilakukan Komnas HAM, dan fenomena serta persoalan-persoalan HAM yang sedang menjadi tren terutama terkait dengan dunia pendidikan,” paparnya.

 

Pada kunjungan tersebut, acara dibuka oleh Pejabat Komnas HAM yang hadir yaitu Plt Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan HAM, Yuli Asmini. Yuli menyampaikan kata sambutan yang memaparkan tentang profil Komnas HAM dan sejumlah kinerja yang telah dan akan dilaksanakan Komnas HAM.

 

Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh narasumber. Master of Ceremony,  mempersilakan Hari Reswanto selaku moderator untuk memandu jalannya sesi diskusi. Lalu  Hari Reswanto mengajak seluruh peserta untuk menyaksikan Film Profil Komnas HAM dan Film tentang HAM.

 

Usai pemutaran film yang berdurasi sekitar 10 menit, acara dilanjutkan ke sesi pemaparan materi tentang HAM, Pelanggaran HAM, dan Mekanisme HAM oleh Rusman Widodo, Penyuluh HAM Komnas HAM yang bertindak selaku narasumber. Dalam paparannya, Rusman Widodo menyampaikan definisi HAM dan Pelanggaran HAM merujuk pada UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM. Juga membahas tentang instrumen HAM dan mekanisme penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM oleh lembaga/komisi negara yang ada di Indonesia.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Moderator mempersilahkan peserta untuk bertanya. Sejumlah pertanyaan yang muncul yaitu terkait LGBT,  kekerasan di sekolah, Sekolah Ramah HAM, program pendidikan dan pelatihan HAM, dan tentang tindaklanjut dari kerja pemantauan yang dilakukan Komnas HAM.

 

Selanjutnya masuk ke sesi pertanyaan kuis yang dipandu oleh Hari Reswanto. Hari menyampaikan tiga buah pertanyaan, antara lain tentang fungsi Komnas HAM. Para peserta terlihat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, panitia memberikan hadiah kaos: satu bumi tanpa diskriminasi.

 

Setelah kuis berakhir, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa terbitan Komnas HAM kepada rombongan MGMP PPKn Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Panitia pun menyampaikan ucapan  terima kasih atas partisipasi aktif dari para mahasiswa.  Acara diakhiri dengan sesi foto bersama. (ENS)

Short link