Kabar Latuharary

Komnas HAM Terima Aduan Dosen Unsyiah Dr. Saiful Mahdi

Latuharhary - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Beka Ulung Hapsara beserta staf bagian layanan pengaduan menerima audiensi Dosen Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala Dr. Saiful Mahdi di Kantor Komnas HAM, Jakarta, pada Rabu (15/1/2020).


Saiful Mahdi mendatangi Komnas HAM untuk mengadukan dugaan terjadinya pelanggaran hak atas berekspresi dan kebebasan akademik.  Lantaran ia mengkritik proses rekrutmen CPNS Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala melalui grup WhatsApp. 


Merespons aduan ini, Beka Ulung Hapsara menyampaikan kekhawatirannya terkait kebebasan akademis di kampus dan kritik yang berujung pada gugatan hukum. Ia mencermati maraknya kasus terkait penyampaian kritik di ruang tertutup maupun ruang publik yang juga terjadi di banyak tempat .


Menindaklanjuti hal ini, baik Ahmad Taufan Damanik dan Beka Ulung Hapsara sepakat bahwa Komnas HAM akan mempelajari lebih lanjut setelah berkas lengkap disampaikan dan menentukan mekanisme penyelesaian yang tepat untuk aduan ini. (AAP/IW)
Short link