Kabar Latuharhary

Gelar Rakornas 2021, Komnas HAM Siap Raih Kepercayaan Publik Lebih Tinggi

Bogor - Peran aktif Komnas HAM RI dalam pemajuan dan penegakan hak asasi manusia masih terus menghadapi banyak tantangan. Sinergi internal untuk meningkatkan kinerja lembaga agar kepercayaan publik teraih pun menguat.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik berharap sinergi lembaga terwujud melalui institutional performance sebagai tolok ukur eksistensi sebuah lembaga. Lantaran institutional performance merupakan hal penting dalam akseptabilitas sebuah lembaga di ranah publik. Salah satu tolok ukur untuk mengetahui akseptabilitas sebuah lembaga, menurutnya, melalui kinerja yang dapat diketahui oleh publik. “Akseptabilitas tercermin dari kerja-kerja lembaga,” ungkap Taufan.

Institutional performance pun ia gaungkan saat Rapat Koordinasi Nasional Komnas HAM RI Tahun 2021 yang bertajuk "Sinkronisasi Perencanaan untuk Upaya Peningkatan Pemajuan dan Penegakan HAM". Selain itu, Taufan menyampaikan pentingnya public trust atau muncuknya kepercayaan publik terhadap lembaga. “Yang harus kita pulihkan adalah public trust, kepercayaan publik kepada Komnas HAM. Kita akan dipandang sebagai lembaga negara yang akan menyelesaikan persoalan-persoalan kenegaraan itu.”

Persoalan manajerial turut menjadi perhatian. Hal ini penting karena akan berdampak terhadap tugas dan fungsi yang diemban oleh Komnas HAM RI. Kesemuanya harus terjalin sistematis dan didukung oleh seluruh internal Komnas HAM RI agar meningkatkan kapasitas dan peran lembaga dalam pemajuan dan penegakan HAM.

Di akhir sambutannya, ia mengajak semua bagian untuk memperbaiki lembaga untuk mencapai visi kelembagaan. “Mari kita perbaiki sama-sama, niatnya harus sama karena perbaikan diperlukan demi kepentingan bersama,” ajaknya.

Rapat koordinasi ini berlangsung secara daring dan luring pada 24-26 Februari 2021 bertempat di Aston Hotel, Bogor yang dihadiri oleh Wakil Ketua Internal Munafrizal Manan, Wakil Ketua Eksternal Amiruddin, Komisioner Beka Ulung Hapsara, Hairansyah, Sandra Moniaga, serta M. Choirul Anam, jajaran pejabat struktural, pejabat fungsional yang berada di kantor pusat maupun kantor perwakilan serta jajaran staf di lingkungan Komnas HAM RI.

Agenda hari pertama ini menyajikan paparan hasil evaluasi dan tindak lanjut Rencana Kerja Komnas HAM RI TA 2021 yang disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan, Pengawasan Internal dan Kerja Sama Esrom Hamonangan, serta paparan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

Rakornas sendiri diselenggarakan guna melakukan evaluasi kinerja Komnas HAM Tahun 2020, rencana tindak lanjut hasil rencana aksi Komnas HAM Tahun 2021 termasuk di dalamnya bedah POK, menyusun rancangan awal rencana Kerja Komnas HAM Tahun 2022 serta membangun pelaksanaan fungsi-fungsi Komnas HAM RI. (AM/IW)
Short link