Kabar Latuharhary

Semangat Bersinergi Komnas HAM-Universitas Andalas di Bidang HAM


Kota Padang- Komnas HAM terus berupaya untuk melakukan pengarustamaan hak asasi manusia di dunia pendidikan Indonesia, salah satunya dengan memperkuat sinergi dengan civitas akademika. 

Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pertemuan bersama civitas Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat.  Pada pertemuan ini, Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM RI Amiruddin berdiskusi dengan Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. beserta jajarannya di Gedung Rektorat Unand, Selasa (15/6/2021). 

Pertemuan antara kedua pimpinan lembaga untuk membahas rencana dan substansi kerja sama. Kerja sama tersebut akan dituangkan dalam Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama yang rencananya akan ditandatangani pada semester kedua 2021. Kerangka kerja sama dalam rangka penerapan hak asasi manusia dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Amiruddin menyampaikan bahwa Komnas HAM RI  selama ini sangat terbantu oleh program-program kerja di Unand sehingga sinergi yang akan dibangun kedua lembaga bisa lebih terfokus. Beberapa hal di antaranya mengkaji basis hukum untuk penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu yang dielaborasikan sebagai usulan/masukan kepada Presiden RI. 

Sebagai bentuk pengamalan keilmuan, Komnas HAM juga membuka kesempatan serta menggandeng para akademisi dari Unand dalam kegiatan-kegiatan pengkajian dan pemantauan serta kegiatan lainnya.



Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sumatera Barat Sultanul Arifin, Sub Koordinator Bidang Kerja Sama antar Lembaga Sri Nur Fathya, Anggota Tim Tindak Lanjut Hasil Penyelidikan Pelanggaran HAM yang Berat Eko Dahana serta Eri Riefika. (SNF/AM/IW)

Short link