Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI Pantau Kasus Penembakan Jurnalis Mara Salem Harahap



Latuharhary – Komnas HAM RI ikut menghimpun informasi atas kasus tewasnya jurnalis asal Sumatera Utara, Mara Salem Harahap pada Sabtu (19/6/2021) dini hari di Kabupaten Simalungun.

Bentuk intimidasi terhadap jurnalis menjadi perhatian Komnas HAM RI karena mereka menjadi salah satu kelompok pembela hak asasi manusia. “Komnas HAM RI mendapat banyak pengaduan terkait ini, dan juga kami bekerja sama dengan AJI untuk perlindungan jurnalis,” ungkap Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik saat berdiskusi secara daring dengan sejumlah jurnalis Sumatera Utara didampingi Pemantau Penyelidik Komnas HAM RI Wahyu Pratama Tamba, Selasa (22/6/2021).

Dari diskusi ini, beragam informasi terkait dugaan penembakan terhadap Mara Salem terkuak. Informasi dari para narasumber ini selanjutnya didalami untuk pemantauan dan penelusuran lebih lanjut. 

Taufan sempat menyampaikan keprihatinannya atas serangkaian tindak kekerasan yang dialami oleh para jurnalis.  Ia berharap tidak lagi terjadi tindakan ancaman, intimidasi apalagi kekerasan kepada jurnalis dan meminta penegak hukum untuk melakukan penyelidikan.

Atas kasus ini, Komnas HAM RI akan melakukan pemantauan  dan memastikan pengusutan kasus ini berjalan sesuai dengan hukum.(AAP/IW)
Short link