Kabar Latuharhary

Tiga Kali Raih Opini WTP, Komnas HAM RI Bakal Terus Tingkatkan Kinerja


Jakarta – Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Komnas HAM RI Tahun 2020. Raihan membanggakan ini kali ketiga berturut-turut bagi Komnas HAM RI.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik pun menerima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2020 di Lingkungan AKN 1 yang diserahkan secara langsung oleh Anggota I BPK RI selaku Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara I Hendra Susanto di Auditorium BPK RI Jakarta, Selasa (29/6/2021). 

Pencapaian serupa sebelumnya diraih atas Laporan Keuangan Tahun 2018 dan 2019. Sebelumnya, Komnas HAM RI juga meraih predikat “sangat baik” atas Kinerja Anggaran Tahun Anggaran 2020 pada Kelompok Kementerian/Lembaga Kategori Pagu Kecil dengan nilai 93,08 dari Kementerian Keuangan yang disampaikan April 2021 lalu.

Taufan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi dari seluruh pegawai Komnas HAM RI baik di kantor pusat juga kantor perwakilan serta para mitra kerja. “Dengan dukungan dan dedikasi semua pihak karena itulah Komnas HAM RI dapat meraih prestasi demi prestasi,” ungkapnya.

Ia juga menyerukan komitmen Komnas HAM RI untuk terus-menerus membenahi dan meningkatkan lagi kinerjanya. “Kita berupaya meningkatkan kinerja baik keuangan, pelayanan, informasi dan lain-lain serta menjaga kredibilitas dan akuntabilitas lembaga karena penting untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Komnas  HAM RI dan berdampak pula untuk pemahaman publik terhadap isu hak asasi manusia,” pungkas Taufan. (AAP/IW)


Short link