Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI Paparkan Kinerja dalam Forum HAM Asia Tenggara


Latuharhary - Komnas HAM RI berpartisipasi aktif dalam 2nd Technical Working Group Meeting The South East Asia National Human Rights Institutions Forum (TWG II SEANF), Selasa (24/8/2021).

Pertemuan Forum HAM se-Asia Tenggara ini diselenggarakan oleh Suruhanjaya Hak Asasi Manusia (SUHAKAM) Malaysia secara daring pada 24-26 Agustus 2021 sebagai mandat Keketuaan SEANF.

Pada hari pertama, Komnas HAM RI memaparkan mengenai perkembangan terkini dan aktivitas pemajuan dan penegakan HAM oleh Koordinator Bidang Kerjasama, Persidangan dan TUP Sasanti Amisani, perkembangan pengelolaan website SEANF oleh Indah Wulandari dan perkembangan pembuatan logo oleh Haris Agung.

Dalam paparan dijelaskan program-program Komnas HAM RI dalam pemajuan dan penegakan HAM selama kurun waktu Mei hingga Agustus 2021. beberapa kerja sama strategis dengan berbagai pihak  antara lain dengan Penandatanganan MoU terkait Penyelenggaraan Festival HAM dengan Kantor Staf Presiden, Pemerintah Kota Semarang Jawa Tengah dan INFID, Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Pemajuan dan Perlindungan HAM dengan POLRI, dan Kesepakatan Bersama dengan Universitas Jember terkait Pengembangan Kapasitas Pendidikan dan Riset HAM. Sasanti juga menyebutkan kegiatan kelembagaan salah satunya peluncuran Laporan Tahunan 2020.

 Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Kepala Biro Renwaskes Esrom Hamonangan Panjaitan, Koordinator Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Endang Sri Melani, Koordinator Bidang Mediasi Asri Wahono, Subkoordinator Bidang Kerjasama Antar Lembaga Sri Nur Fathya dan staf unit terkait menjadi partisipan. 

Anggota SEANF lainnya yang hadir, antara lain Komisioner SUHAKAM Malaysia Jerald Joseph selaku fasilitator, Komisioner Datuk Lok Yim Pheng dan Sekretaris Jenderal Cheah Swee Neo. Ketua NHRCT Thailand Pornprapai Ganjanarintr hadir bersama Deputy of Secretary General NHRCT Atchara Shayakul, Director of International Affairs NHCRT Vallabha Saradaprabha, Ketua MNHRC U Hla Myint bersama Wakil Ketua Nanda Hmun dan Komisioner MNHRC Tahn Myint,  Deputy Deputy Provedore PDHJ Timor Leste Benicia Magno serta Perwakilan CHRP Filipina Marizen Santos, Kristoffer Claudio, dan staf lainnya. (AAP/IW)
Short link