Kabar Latuharhary

PPID Komnas HAM RI Siapkan Strategi Capai  Predikat Informatif

Jakarta-Layanan informasi publik menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap badan publik, termasuk Komnas HAM RI.

“Saya mengapresiasi keseriusan dan kerja keras tim PPID yang baru saja meraih predikat Menuju Informatif,” tutur Wakil Ketua Internal Munafrizal Manan ketika membuka kegiatan Evaluasi dan Penyusunan Laporan Tahunan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Komnas HAM T.A. 2021, Selasa (2/11/2021).

Munafrizal tak lupa meminta komitmen Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik. 

“Harapan kita semoga konsistensi,  kerja keras PPID, dan unit-unit kerja yang lain. Harus ada sinergitas dengan unit kerja lain, supaya kedepan predikatnya informatif,” tegas Munafrizal.  


Capaian predikat informatif, menurutnya, perlu ditindaklanjuti dengan studi banding di PPID kementerian/lembaga lainnya serta pengampunya, Komisi Informasi Pusat (KIP).  

“Komnas HAM ini berkaitan erat dengan keterbukaan informasi, yaitu hak atas informasi yang merupakan bagian HAM. Komnas HAM harus jauh lebih serius dibandingkan dengan K/L lain untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan hak keterbukaan informasi ini,” tutur Munafrizal. 

Dalam kegiatan ini turut hadir Plt. Koordinator Bidang Pendidikan dan Penyuluhan Rusman Widodo,  para Kepala Perwakilan Komnas HAM RI, para staf Penghubung PPID Komnas HAM RI, serta unit kerja terkait. Hadir pula Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian KomInfo Anthonius Malau selaku narasumber.  (SP/IW)

Short link