Kabar Latuharhary

Rakornas 2022, Komnas HAM RI Galang Sinergi Internal dan Eksternal


Bogor - Komnas HAM RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komnas HAM RI 2022 : “Sinergi Bersama untuk Mewujudkan Situasi Kondusif Bagi Pelaksanaan HAM di Indonesia”, secara luring dan daring di Bogor pada 26-28 Januari 2022.

Kegiatan ini menjadi forum untuk menghasilkan informasi kinerja rancangan awal Renja tahun berikutnya (2023) serta data dukung (KAK dan RAB) dengan melibatkan seluruh stakeholders internal Komnas HAM, baik pusat maupun perwakilan untuk memberikan usulan program, kegiatan, keluaran (output) kegiatan berikut komponen kinerja lainnya. 

Rakornas ini diawali dengan pembukaan dan penandatanganan Perjanjian Kinerja 2022 oleh Ketua Komnas HAM RI, Plt. Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI dan Kepala Biro di Lingkungan Sekretariat Jenderal Komnas HAM RI, yang dirangkai dengan Diskusi Arah Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung Pemajuan dan Penegakan HAM di Indonesia oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Ketenagakerjaan RI serta Evaluasi dan Strategi Peningkatan Kinerja Anggaran Komnas HAM RI, Selasa (27/1/2022).

Pada pembukaan Rakornas, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik mengajak semua pegawai yang hadir untuk berkontribusi lebih dalam hak asasi manusia. “Saya bicara bagaimana harapan publik terhadap komnas HAM ketika ada gemuruh publik, publik menunggu hasil Komnas HAM, komnas HAM akan mengatakan apa terkait kasus-kasus ini. Negeri ini membutuhkan lembaga yang bekerja dengan integritas dan profesionalitasnya. Bangsa ini tidak membutuhkan kata-kata manis, tapi membutuhkan kata-kata yang penuh dengan kebenaran,” ujar Taufan.
Forum ini sekaligus menggalang koordinasi dan penjajakan kerja sama strategis di bidang hak asasi manusia antara Komnas HAM RI dan Kementerian/Lembaga mitra kerja dalam penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia. 

Pada hari pertama, narasumber seperti Staf Ahli Menaker Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik Ismail Pakaya, Dirjen HAM Kemenkumham Mualimin Abdi, Deputi III Bidkor Kumham Kemenkopolhukam Sugeng Purnomo, dan Staf Khusus Menko PMK Bidang Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Rohman Budijanto, serta Kepala Subdir Evaluasi Kinerja Penganggaran Direktorat Sistem Penganggaran Kementerian Keuangan Langgeng Suwito menjadi narasumber. Turut memberikan materi, yakni Analis Anggaran Ahli Muda Direktorat Sistem Penganggaran Kementerian Keuangan Wahyu Adi Pramono serta fasilitator dalam sesi evaluasi Andi Panca. 

Berlanjut pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan pemaparan Kebijakan APBN untuk mendukung upaya pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia oleh Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, pemaparan Isu Strategis Nasional dalam kerangka pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia oleh Direktorat Hukum & HAM Bappenas, dan pemaparan "Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan yang Berperspektif HAM" oleh Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas yang diselenggarakan secara hybrid dari Bogor (Jumat, 28/1/2022). 

Hadir dalam pelaksanaan, Pimpinan dan para Komisioner Komnas HAM RI, Plt. Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Aris Wahyudi, Kepala Biro Perencanaan & Pengawasan Internal Esrom Hamonangan P, Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM Gatot Ristanto, Plt. Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Mimin Dwi Hartono, Plt. Kepala Biro Hukum Humas & Kerjasama Imelda I Saragih, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Propinsi Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua serta jajaran Koordinator Bidang, Subkoordinator Bidang dan pegawai Komnas HAM RI. (AAP/IW)
Short link