Kabar Latuharhary

Pertemuan Kolaborasi Peringatan Hari HAM 2022

Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM, Amiruddin, membuka Stakeholder meeting yang diselenggarakan Biro Dukungan Pemajuan HAM di ruang paripurna Komnas HAM (30/3/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengajak lembaga-lembaga internasional, regional maupun nasional berkolaborasi dalam pelaksanaan peringatan Hari HAM Sedunia 2022.

Wakil Ketua (Watua) Komnas HAM menyampaikan mengenai penyebaran gagasan hak asasi manusia yang tidak dapat dilakukan secara sendiri-sendiri, perlu kerja bersama. Selain itu dalam menyampaikan gagasan hak asasi manusia perlu ada pembenahan. “Perkembangan lima tahun belakangan selama di Komnas HAM, kami menyadari bahwa kerja hak asasi manusia tidak dapat dilakukan sendiri, perlu kerja bersama dengan Lembaga lainnya. Namun demikian kita dalam mengkomunikasikan gagasan HAM kepada masyarakat masih tradisional, padahal perkembangan teknologi informasi berlari begitu cepat, ucap Amiruddin.”

Komnas HAM setiap tahun selalu berupaya mengajak masyarakat dalam memperingati Hari HAM Sedunia. Hal ini dilakukan agar gagasan hak asasi manusia menjadi arus utama dalam keseharian manusia bukan momok yang hanya membicarakan kekerasan. Oleh karenanya dibutuhkan inovasi dalam mengkomunikasikan gagasan HAM ke masyarakat. Diharapkan forum ini dapat melahirkan berbagai gagasan dalam mengkomunikasikan HAM dan berbagi peran dalam peringatan Hari HAM Sedunia 2022, pesan Watua Komnas HAM, Amiruddin.

Pertemuan pemangku kepentingan ini dilaksanakan secara hybrid (online-offline) yang di moderatori oleh Haris Agung Setiawan. Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan paparan Komnas HAM mengenai gagasan program diseminasi dalam peringatan Hari HAM Sedunia 2022. Paparan disampaikan oleh koordinator kegiatan Hari HAM, Nur Afifah Fauziah. Dalam paparan disampaikan program kegiatan Hari HAM Sedunia, diantaranya adalah Kelas film pendek dan kompetisi, pameran foto, celoteh kemanusiaan, pagelaran seni-budaya serta pidato presiden. Tawaran kolaborasi yang diharapkan dari para pemangku kepentigan mulai dari pendanaan, pelaksanaan kegiatan, hingga media partner. Beberapa lembaga menanggapi bahwa mereka siap untuk berkolaborasi dalam peringatan Hari HAM Sedunia 2022 dan mengapresiasi pertemuan ini karena sejak awal tahun Komnas HAM mulai merancang kerja bersamanya.     

 

Pertemuan pemangku kepentingan ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari UN Agency’s, Lembaga regional dan kelompok masyarakat sipil, diantaranya adalah UNESCO, UNICEF, UNAIDS, UNDP, Uni Eropa, USAID, Pewarta Foto Indonesia, Ayo Dongeng Indonesia, dan Koalisi Seni Indonesia.

Turut mendampingi Wakil Ketua Eksternal adalah staf penyuluhan HAM, Yuli Asmini, Kurniasari Novita Dewi, Alfan Cahasta, Banu Abdillah, dan Nur Afifa serta staf dari Biro Hukum, Kerjasama dan Humas, Sri Nur Fathya, Dewi Retna dita Hidayatul Rohmi dan Musthofa.

Penulis: Banu Abdillah

Short link