Kabar Latuharhary

Partisipasi Pemangku Kepentingan dalam Pembangunan Pusdahamnas

Dalam rangka memenuhi hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Pusdahamnas, Komnas HAM melaksanakan surve pemetaan sumber daya dalam pembangunan Pusdahamnas yang dilaksanakan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada 22-23 Juni 2022.

Survei secara langsung atau luring ini adalah yang ke lima kalinya. Sebelumnya telah diadakan di Banten, DKI Jakarta, Papua, dan Jawa Timur. Selebihnya, survei dilakukan secara daring.

Kegiatan selama dua hari di Kaltim dihadiri oleh perwakilan Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Mulawarman, Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum Universitas Mulawarman, Pusat Studi Hukum Perempuan dan Anak FH Universitas Mulawarman, dan Perhimpunan Penyandang Disabilitas Kaltim (PPDI).

Selain itu, hadir pula perwakilan Forum Penyandang Disabilitas Kaltim, Perempuan AMAN Kalimantan Timur dan LBH APIK Samarinda, Jatam Kalmantan Timur, dan Yayasan BUMI. Kemudian juga Kelompok Belajar Anak Muda, Tim Kerja Perempuan dan Tambang Kalimantan Timur, Walhi Kalimantan Timur, POKJA 30, Aksi kamisan Kalimantan Timur, LBH Samarinda dan Prakarsa Borneo.


Pada kesempatan ini, hadir Haris Retno Susmiyati dari Fakultas Hukum Universitas Mulamarwan sebagai narasumber yang menyambut baik program Pusdahamnas.

Dalam paparannya, Retno menyampaikan potensi kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tinggi di Kaltim khususnya Fakultas Hukum Universitas Mulawarman dengan sumber daya manusia yang ada.

"Kami terus berusaha mengembangkan Pusat Studi HAM, Pusat Studi Hukum Perempuan dan Anak (PuSHPA), Pusat Studi Anti Korupsi (SAKSI), Pusat Studi SDA dan LKBH (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum," ujar Retno.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan peluang yang dapat dikerjasamakan yaitu berupa pengelolaan dan informasi HAM, kapasitas sumber daya manusia, ketersediaan sarana dan prasarana yang ada, peningkatan kesadaran HAM bagi aparatur negara dan masyarakat dan penyelesaian kasus pelanggaran HAM.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Dr. Mahendra Putra Kurnia, SH., MH merasa senang dapat terlibat dalam kegiatan survei pusdahamnas yang dilaksanakan Komnas HAM. Mahendra menyampaikan, FH Unmul selalu siap bekerjasama dan menyediakan sarana ruang buat kegiatan Komnas HAM

.

Kegiatan di Kaltim dikoordinir oleh Martin selaku Koordinator Teknologi Informasi, Ono Haryono selaku Sub Koordinator Pengkajian dan Penelitian Instrumen HAM dan Peraturan Perundangundangan, dan Syaldi Sahude sebagai konsultan.

Hasil survei akan dianalisis lebih lanjut oleh Komnas HAM bersama dengan hasil survei di wilayah lain yang telah menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia. (AUF)


 

Short link