Kabar Latuharhary

Merawat Perdamaian Aceh Melalui Jalan Kesejahteraan


Banda Aceh-Kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Aceh menjadi kunci utama merawat perdamaian di Aceh.

Menyadari hal tersebut, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Aceh dan Legislatif Aceh untuk melakukan percepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan.

“Dengan jumlah anggaran yang tersedia serta sistem pengelolaan yang secara khusus mengatur mengenai pemerintahan Aceh, maka masalah mendasar tersebut secara perlahan akan teratasi,” jelas Taufan dalam rangkaian kunjungannya ke Banda Aceh, Selasa (29/6/2022).

Komnas HAM RI juga mendukung proses dialog antara eksekutif dan legislatif Aceh dengan Pemerintah Pusat dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Saiful Bahri yang didamping Ketua Komisi I DPRA Tgk. Yunus dan Ketua Baleg DPRA Azhar Abdurrahman mengapresiasi perhatian tersebut.

Saiful berharap agar Komnas HAM dapat membantu serta mendukung penyusunan Qanun dan kebijakan maupun pengawasannya agar sesuai dengan prinsip-prinsip HAM. 

Saat ini, terdapat sejumlah aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh yang belum ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat melalui Peraturan Pemerintah maupun Perpres. Begitu pula aturan terkait lembaga pertanahan yang nomenklaturnya menjadi Badan Pertanahan Aceh belum terlaksana.

Pertemuan ini juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Aceh Sepriady Utama. (EA/IW)
Short link