Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI-Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Berkomitmen Bekerja Sama dalam Pemajuan HAM

Bekasi-Komnas HAM RI menggandeng berbagai perguruan tinggi dalam upaya impelementasi fungsi bidang pemajuan HAM. Kali ini, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya menjadi mitra kerja sama.

“Universitas Bhayangkara sangat strategis dalam pengembangan kerja sama  dalam berbagai bidang HAM. Banyak kerja sama yang harus kita lakukan bersama, termasuk dalam pencegahan kekerasan dan ekstremisme yang dalam keadaan tertentu bisa menjadi teror,” tutur Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik ketika memberikan saambutan dalam kegiatan “Penandatangan MoU dan MoA Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan Komnas HAM RI Dalam Rangka Pemajuan Hak Asasi Manusia Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi Dan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Auditorium Kampus II Ubhara Jaya, Bekasi, Kamis (8/9/2022).

Kerja sama ini bertujuan sebagai pedoman dalam melakukan komunikasi, koordinasi, dan pelaksanaan kerja sama untuk mewujudkan penerapan, pemajuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia melalui program dan kegiatan di lingkungan perguruan tinggi. 


Taufan juga menuturkan bahwa setelah penandatanganan MoU, Komnas HAM berharap dapat berkolaborasi dengan Ubhara Jaya dalam ragam kegiatan yang menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang hukum. 

Kolaborasi yang diharapkan dikembangkan antara lain di area pendidikan, penyuluhan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang hak asasi manusia. Ada pula pengkajian dan penelitian bersama di bidang hak asasi manusia.

Pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) berupa magang bersertifikat bagi mahasiswa yang terkait dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan pengembangan kapasitas dosen Fakultas Hukum di bidang hak asasi manusia serta pertukaran data dan informasi pengkajian dan penelitian juga menjadi fokus bersama.

Kedepannya, kedua pihak akan mengadakan lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya.

“Ini menjadi area-area yang penting kita kerja sama kan dengan perguruan-perguruan tinggi. Mari bahu membahu dalam rangka menyelesaikan persoalan bangsa dan negara, sebagai bagian dari elemen bangsa,” tutur Taufan.

Sebagai tindak lanjutnya, penandatanganan MoA juga dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM RI Amiruddin Al Rahab dengan Dekan Fakultas Hukum Ubhara Jaya Ika Dewi Sartika Saimima. Turut mendampingi Kepala Biro Perencanaan dan Pengawasan Internal Esrom Hamonangan Panjaitan, Plt Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Imelda Saragih, Plt Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Mimin Dwi Hartono, Koordinator Bidang Kerja Sama Nur Fathya, Koordinator Bidang Humas Kurniasari Novita Dewi serta jajaran unit kerja Komnas HAM RI terkait lainnya. 

Sedangkan pihak universitas yang hadir antara lain Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Irjen Pol (Purn) Bambang Karsono, Wakil Rektor IV Ubhara Jaya beserta jajaran rektorat dan civitas akademika Ubhara Jaya lainnya. (SP/IW)

Short link